Pinterest: Inspirasi untuk Fotografer

Weddingku Magazine – Jejaring Sosial telah menggemparkan dunia maya selama beberapa tahun terakhir dan banyak fotografer yang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google+ untuk memamerkan hasil karya, menjalin persahabatan atau untuk mempromosikan bisnis mereka.

Tetapi ada beberapa situs jejaring sosial lainnya yang layak dipertimbangkan untuk Sobat-sobat yang senang dengan dunia fotografi dan memamerkan hasil karyanya.

Salah satunya adalah Pinterest – situs yang sedang berkembang ini, banyak diminati oleh para fotografer lho!, terutama sebagai inspirasi untuk fotografi mereka.

Sementara ini, Pinterest hanya mengundang beberapa komunitas saja (membutuhkan waktu mendapatkan invite setelah Sobat me-request-nya, bahkan sampai hari ini saya belum di invite :D).

Menurut mereka (pengelola), Pinterest merupakan satu-satunya jejaring sosial yang menyandang nama “a virtual pinboard (pinboard virtual)” – sebuah tempat dimana pengguna dapat  ‘menyematkan (pin)’ website, gambar, atau hal lainnya sesuai dengan  kategori  yang disukai. apapun  yang Sobat “pin” pada pinboard akan muncul sebagai gambar dari situs tersebut – dan akhirnya Sobat  akan memiliki pinboard yang penuh dengan gambar.

Jika Sobat mencari ide, Sobat dapat mengumpulkan ide-ide yang telah Sobat cari (dengan cara surfing ataupun searching di internet) dan menyematkannya di pinboard-pinterest milik Sobat. Namun yang saya liat kebanyakan user pinterest juga menggunakan situs ini layaknya situs jejaring sosial lainnya yaitu mencari teman, sharing, membangun jaringan atau mencari situs-situs keren sesuai dengan minat mereka.

Jika Sobat seorang fotografer yang sedang mencari inspirasi, mungkin pinterest dapat membantu Sobat pada kategori Photography, dan dibawah ini apa yang dapat Sobat dapatkan:

  • Learning – pada kategori Photography Sobat dapat menemukan hal-hal yang sedang populer disematkan pada topik photography. Banyak hal yang disematkan diantaranya mengenai tutorial dan tips tentang cara untuk melakukan fotografi yang lebih baik.
  • Inspiration – masih di dalam kategori Photograpy ada banyak hasil jepretan yang keren-keren disematkan pada pinboard. Sebentar saja Sobat melihat hasil karya mereka, Sobat pastinya menemukan sedikit inspirasi untuk fotografi Sobat sendiri.
  • Mood Board – banyak fotografer atau kreatifitas lainnya yang menyimpan “Mood Board (papan mood)” di studio, kantor dan rumah mereka. Mood Board” Ini  adalah  koleksi kecil tentang hal yang menginspirasi mereka untuk proyek-proyek yang sedang mereka kerjakan. Nah, di Pinterest Sobat juga akan menemukan Mood Board.
  • Networking – Pinterest bukan hanya untuk menyematkan saja Sob!. Di sini juga Sobat dapat mem-follow (Dalam istilah Twitter kata follow mungkin sudah tidak asing lagi kan?😀 ) pengguna Pinterest lain dan mereka juga dapa mem-follow Sobat, sehingga Sobat akan menemukan teman baru disini.

Satu hal yang Sobat mungkin harus diingat adalah jangan terlalu banyak menyematkan foto-foto pribadi di situs ini, karena berkaitan dengan peraturan yang diberikan oleh Pinterest bahwa – situs ini bukanlah sebuah situs untuk membangun sebuah galeri gambar pribadi- namun tentang mengumpulkan dan berbagi apa yang menginspirasi Sobat.

Apakah Sobat mau atau sudah mencoba Pinterest?

Kredit gambar: blog.exclusivelyweddings.com
Sumber & Refer: www.digital-photography-school.com

2 pemikiran pada “Pinterest: Inspirasi untuk Fotografer

  1. Jadi gak bisa langsung jadi member ya, harus di invite dulu, sama seperti awal-awal dibukanya google+ waktu itu.
    jadi pengen ikutan juga nih mas, terimakasih infonya ya.😉

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s