Batch PSD to JPG 1.5 Software Sederhana Namun Bermanfaat

Weddingku Magazine – Jika Sobat sering menggunakan Photoshop, pasti tahu dong format *.PSD. Yup itulah format bawaan dari Photoshop dimana Sobat akan menemukan layer-layer didalamnya dan tentu saja memakan kapasitas (berkapasitas besar).

Apalagi jika Sobat sering melakukan editing foto-foto digital untuk pembesaran, terkadang satu file bisa mencapai 1 GB, saya pernah mengalaminya sendiri kok!. Tentu saja ini membutuhkan komputer yang handal dalam hal grafis (VGA & RAM yang besar).

Jika Sobat seorang editing untuk album (Album magazine misalnya!), satu file bisa memakan sekitar 300 MB, tergantung besar ukuran album dan banyaknya layer, namun yang jadi permasalahan bukan cuman itu, karena mesin cetak masih banyak yang tidak suport untuk file *.PSD, kita harus mengkonvert-nya ke file *.JPG, dan cara yang biasa dilakukan adalah membuka satu persatu atau bersamaan file *.PSD tersebut di Photoshop yang selanjutnya melakukan save ulang dengan format *.jpg. Design foto untuk album paling sedikit 10 lembar, bayangkan jika komputer Sobat lemot, bisa bermenit-menit untuk membuka satu file  saja.

Saya sudah  membuat action untuk melakukan save ulang di Photohop dengan format *.JPG (nanti akan saya share ), namun tetep saja untuk membuka satu file PSD saja terkadang lama. Juga ada kawan yang menyarankan untuk menggunakan ACDsee V.2.4 karena katanya software ini juga menyediakan tempat untuk mengkonvert dari format *.PSD ke format lainnya (*.JPG,*.TIFF, *.PNG, *.BMP, dll), awalnya berjalan mulus namun karena ACDsee V.2.4 kawan saya ini bukan original alias bajakan hehe..😀, selang beberapa minggu tool untuk mengkonvert tersebut tidak dapat diaktifkan, saya coba install ulang lagi dan hasilnya sama (namanya juga bajakan).

Akhirnya, jalan terakhir adalah surfing di Mang Google😀, dengan kunci “converter PSD to jpg”, dan yang paling nongkrong dibagian atas adalah “Download Batch PSD to JPG Convert 1.5 Free – This application …”, langsung saya download dan install software sederhana Batch PSD to JPG yang dibuat oleh Design-Lib.com, dan ternyata lumayan membantu untuk mengkonvert file-file PSD saya ke JPG.

Berikut tampilan jendela awal Batch PSD to JPG 1.5

 

Saya coba mengkonvert 6 file Kalender yang masih berformat *.PSD ke *.JPG, hanya membutuhkan waktu kurang dari 6 detik, itu artinya satu file hanya membutuhkan waktu 1 detik bahkan kurang (Coba bandingkan dengan mengkonvert melalui photoshop).

Untuk fitur boleh dibilang user frendly karena tidak banyak tombol-tombol yang aneh, saya yakin Sobat akan lebih cepat belajar.

Jika Sobat membutuhkan software Batch PSD to JPG 1.5, sobat bisa mencari melalui Google seperti yang saya lakukan, namun jika Sobat merasa malas atau mungkin nggak mau repot, Sobat boleh kok mendownloadnya dengan mengklik LINK INI atau jika gagal coba LINK INI.

Ok Sob, semoga bermanfaat ya ulasan kali ini, ingatlah pepatah Rosulullah dalam hadits “Carilah ilmu sampai ke Negeri China”

3 pemikiran pada “Batch PSD to JPG 1.5 Software Sederhana Namun Bermanfaat

  1. Ping balik: Cara Convert Dari Hasil Scan Ke Teks « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: Cara Convert Dari Hasil Scan Ke Teks « Weddingku Magazine

  3. Patut juga dicoba, mas sekalian nanya bagaimana caranya merubah file jpg hasil scan supaya bisa diedit diphotoshop misalnya daftar menu makanan akan kita ganti harganya, mohon dibalas lewat email ya? Thanks before.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s