Melihat Sesuatu Yang Biasa Menjadi Luar Biasa

Weedingku Magazine – Pernahkah Sobat membawa kamera ke tempat yang tidak ada yang menarik untuk difoto? Misalnya cahayanya yang buruk atau lingkungan yang membosankan?. Akhirnya Sobat pulang dengan kartu memori yang kosong dan penuh keraguan. Mungkin saja Semua fotografer pernah mengalaminya, tetapi mereka bisa dengan mudah merubah itu semua menjadi sebuah karya hebat .

Seperti yang dikutip di DBS (Digital Photography School) dalam sebuah artikel yang berjudul See The Extraordinary In The Ordinary, seorang fotografi profesional Valerie Jardin mengatakan “Banyak Teman saya mengatakan bahwa saya memiliki kemampuan untuk menemukan sesuatu yang menarik untuk memeotret ke mana pun saya pergi, tidak peduli masalah pencahayaan atau lingkungan sekitarnya yang tidak mendukung. Saya tidak pernah bosan dengan kamera saya!. Saya menyukai tantangan memotret sebuah objek biasa dan mencoba untuk membuatnya terlihat menarik. Aku mungkin hanya bereksperimen dengan komposisi dan depth of field.

Sementara makan es krim bersama anak-anak saya melihat garis dan cahaya matahari melalui payung kuning. Aku naik ke kursi hanya untuk mendapatkan sudut yang tepat untuk membuat potretan yang menarik. Tentu, orang-orang di meja lain agak bingung dengan hal itu tapi aku belajar untuk mengabaikan tatapan mereka!

Kadang-kadang ini semua tentang pemisahan objek yang biasanya tidak akan Sobat perhatikan.

Jika Sobat mau mencoba sesuatu yang tidak menarik agar terlihat menarik Cobalah latihan ini. Lihatlah di sekitar rumah Sobat untuk mencari sesuatu yang biasa untuk dipotret. Atau, buka laci dapur dan ambil objek apapun misalnya sendok, gelas, piring atau apapun. Sekarang dengan hanya menggunakan satu lensa, potret dari sudut yang berbeda dan depths of field. biarkan sinar matahari langsung bersinar melaluinya atau lakukan bouncing flash di atas kertas berwarna. Latihan ini dapat dilakukan dimana saja di rumah Sobat.

Lalu, Sekarang bawa kamera Sobat keluar rumah. Berjalanlah menyusuri taman, berhenti dan melihat-lihat. Pilih objek yang umum dan tidak menarik, pelajari itu dari perspektif yang berbeda dan kemudian potretlah. Bermain dengan bayangan dan cahaya. Sobat boleh memotret sejajar atau dari atas. bersenang-senanglah, lakukan apa yang ingin Sobat lakukan!

Pilih benda-benda biasa di rumah Sobat dan lakukan percobaan!

Berjalan menyusuri taman, berhenti dan melihat-lihat secara acak. Pilih objek, pelajari itu dari perspektif yang berbeda dan kemudian potret.


Sobat harus berlatih sesering mungkin. Mungkin saja dengan berlatih, Sobat akan mengenal kamera Sobat dan kemampuan yang lebih baik, yang tentu saja akan mempersiapkan Sobat untuk saat-saat dimana Sobat perlu memotret sesuatu yang sangat penting untuk diri sendiri atau klien.

Jika Sobat jalan-jalan di museum seni modern, perhatikanlah seberapa sering item rumah tangga biasa dimasukkan ke dalam seni. Ternyata item rumah tangga digunakan sepanjang waktu dan dalam media apapun lho. Inilah Sob yang disebut melihat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa!

Seperti yang dikutip dari sebuah buku cerita visual Vincent Laforet “Gambar yang terjadi di sekitar Anda setiap detik. Anda bisa memotret apa saja dengan berbagai cara yang berbeda, tapi apa yang saya selalu coba untuk diingat adalah untuk memotret sesuatu yang pertama kali saya temukan. Dan jika saya pernah memotret itu sebelumnya, saya akan melihat hal itu seperti saya belum pernah melihatnya dimasa lalu. “

Kita belajar dan berbagi pengalaman disini, jadi silahkan jika Sobat punya cerita atau ide-ide mengenai artikel diatas pada bagian komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat🙂.

Kredit Foto : Valerie Jardin

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

