10 Tips Bagaimana Mempertajam Foto?

Menghasilkan foto yang tajam adalah dambaan setiap fotografer, baik fotografer  amatir ataupun profesional, kini sudah banyak aksesoris yang dijual dipasaran mulai dari tripod, stabiliser (lensa dan kemera) hingga perangkat lunak yang dikhususkan untuk menajamkan hasil akhir  dari foto, itu semua demi memenuhi keinginan para fotografer untuk medapatkan hasil foto yang tajam.

Namun selengkap apapun aksesoris yang Sobat punya tanpa didampingi oleh skill dan teknik, tentu saja itu semua hanya menjadi barang pelengkap saja.

Tidak bermaksud menggurui, namun siapa tahu diantara Sobat-sobat ada yang belum tahu bagaimana teknik agar foto yang Sobat ambil dapat tajam setajam silet😀.

1.      Cara Memegang Kamera

Cara memegang kamera yang benar adalah tangan kiri memegang kamera ,sambil jari-jari memegang grip zoom lensa. Tangan kanan memegang bagian shutter kamera, disini tangan kanan berfungsi untuk mengatur setting kamera. Kedua siku menekan tubuh, posisi ini berfungsi agar kamera tidak banyak goyang, karena ada tumpuan di badan kita. pastikan saat memegang kamera akan mempermudah kita untuk memandu mata pada obyek yang akan di ambil, sehingga Sobat dapat fokus dan menghasilkan foto yang tajam.

2.      Shutter Speed

Jika Sobat mempercepat shutter speed, maka foto Sobat akan lebih tajam. Ada aturan baku yang mengatakan “gunakan shutter speed yang lebih cepat dibanding panjang fokal lensa Anda,” itu artinya:

Jika panjang lensa Sobat 50mm, potretlah dengan shutter speed 1/60 detik atau lebih cepat

Jika panjang lensa Sobat 100mm, gunakan shutter speed 1/125 detik atau lebih cepat

Jika panjang lensa Sobat 200mm, gunakan shutter speed 1/250 detik atau lebih cepat

Begitulah teorinya, Sobat tinggal praktekan.

3.      Aperture

Pilih aperture yang besar (angkanya kecil, misal f/4), hasilnya Sobat akan memusatkan area tajam hanya didekat fokus. Memilih aperture yang besar memungkinkan Sobat mendapatkan shutter speed yang lebih cepat.

Ingat, Aperture berpengaruh pada depth of field (daerah fokus dalam foto). Mengurangi aperture (memperbesar angkanya) akan menambah depth of field, artinya area tajam dalam foto akan semakin besar meliputi objek dekat maupun jauh, sehingga ketajaman foto secara keseluruhan akan berkurang.

4.      ISO

Jika Sobat akan memotret didalam ruangan, perbesarlah ISO, tapi tidak boleh berlebihan, karena memilih ISO terlalu tinggi (diatas ISO 800) bisa menyebabkan noise (bintik hitam kecil).

Menambah ISO akan mempercetap shutter speed serta memungkinkan Sobat memilih aperture yang lebih besar.

5.      Fokus

Cobalah untuk tidak menggunakan autofocus, periksalah dengan seksama pada viewfinder ketika membidik objek, dimana titik fokus berada. Jika memotret wajah close-up (jarak dekat) pastikan fokusnya jatuh di area mata. Ketika Sobat memotret pastikan titik fokus jatuh pada area dimana Sobat ingin menajamkan area tersebut. Autofokus terkadang salah menafsirkan dan bisa saja jatuh disamping objek yang Sobat inginkan.

6.      Lensa

Jika Sobat memiliki kamera SLR, pilihlah lensa terbaik yang sesuai dengan budget Sobat tentunya Lensa dengan kualitas bagus. Lensa yang baik biasanya ditandai dengan aperture yang besar (misal f/2.8), karena lensa yang baik akan menghasilkan foto yang tajam.

Lensa KIT yang biasanya ditawarkan dengan kamera biasanya memiliki kualitas lensa yang kurang bagus bahkan ada yang berkualitas jelek, untuk itu pilih-pilihlah Sobat jika akan membeli kamera, dan jika Sobat mau membeli kamera, belilah yang terpisah antara kamera (body only) dan lensa. Namun jika Sobat sudah terlanjur, ya gunakanlah secara maksimal OK!

7.      Sweet Spot Lensa

Sweet spot adalah aperture tertentu dimana lensa akan menghasilkan foto yang paling tajam, setiap lensa memiliki sweet spot-nya sendiri-sendiri biasanya berada dua stop diatas batas maksimal kemampuan aperture lensa. Contoh, Jika Sobat menggunakan lensa f/2.8 maka sweet spot-nya ada di f/5.6, maka gunakanlah aperture di f/5.6 untuk mendapatkan foto yang tajam.

8.      Tripod

Tripod memang bukanlah aksesoris yang praktis, karena terkadang dapat merepotkan Sobat. Namun jika Sobat ‘sudi’ membawa tripod tersebut demi mendapatkan foto yang tajam, maka Sobat termasuk orang yang serius ingin menjadi fotografer Profesional. Tripod bisa Sobat gunakan untuk medapatkan foto HDR atau panorama.

9.      Stabiliser

Stabiliser berfungsi untuk menyetabilkan posisi kamera/lensa agar ketika terjadi goyangan, kamera tetap fokus pada titik yang diinginkan. Jika Sobat punya budget lebih, belilah stabiliser untuk kamera/lensa karena dengan menambahkan aksesoris ini juga akan menghasilkan foto yang tajam.

10.  Tidak putus asa

Yang terakhir ini mengenai kepribadian si pemegang kamera, karena bukan dari kualitas kamera saja foto yang dihasilkan akan bagus, namun juga kepribadian Sobat yang harus sabar dan tidak putus asa untuk belajar, belajar dan belajar sehingga menjadi sang ahli🙂.

Semoga 10 tips mempertajam foto diatas dapat menambah wawasan Sobat mengenai dunia fotografer.

 

Sumber : Tips on Photography

Baca Juga:

–      10 Tips Memotret Sunset Dan Sunrise

–      10 Tips Jitu Mencari Fotografer Wedding/Prawedding

–      Tips Untuk Yang Kekurangan Dana Wedding/Prewedding

–      Exsposure Latitude

 


 

5 pemikiran pada “10 Tips Bagaimana Mempertajam Foto?

  1. Ping balik: 10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer | hafid73

  2. Ping balik: 10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer « Weddingku Magazine

  3. Ping balik: 5 Tips Memotret Camera Candid « Weddingku Magazine

  4. Ping balik: 10 Tips untuk Menjadi Fotografer Slebor « Weddingku Magazine

  5. Ping balik: 7 Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s