Tips Membeli Kamera Digital Yang Tepat Bag. 2

CARI TAHU SEMUA TENTANG KAMERA YANG SOBAT SUKAI

Sekarang Sobat telah memiliki ide yang baik untuk memilih kamera digital yang cocok dengan ambisi fotografer Sobat, namun Sobat masih harus memeriksa lebih terperinci dari model Kamera tersebut, dan mengetahui jenis kamera digital lainnya yang hampir memiliki kemiripin. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan browsing di internet. Banyak sekali model kamera digital yang ditampilkan website dan ini tentunya dapat memberikan informasi tambahan untuk Sobat, biasanya website tersebut akan menyarankan pilihan alternatif, memberikan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing kamera, yang memungkinkan Sobat untuk membuat perbandingan yang cerdas.

Sobat mungkin akhirnya membeli kamera digital yang sempurna untuk kebutuhan Sobat ketika Sobat memeriksa model yang Sobat suka di website review kamera terkemuka.

Ini sangat mudah dilakukan. Cukup masukkan nama dan model kamera di mesin pencari dan klik Search. Kemudian cari situs web yang mengkhususkan diri pada ulasan kamera. Dengan cepat Sobat dapat memilah website yang lebih komprehensif. Disana tidak hanya berisi spesifikasi detail dan rincian teknis untuk model kamera, tapi juga menjelaskan semua fitur dan juga biasanya membahas tingkatan model kamera digital dalam hal kualitas, nilai dan keandalan.

Pastikan untuk mencari permasalah atau gangguan yang sering menimpa kamera yang akan Sobat pilih. Sobat mungkin menemukan bahwa kamera Sobat memiliki beberapa masalah yang tidak Sobat suka.

 Sobat mungkin tidak selalu memiliki akses ke internet, dalam hal ini Sobat masih dapat melakukan beberapa penelitian yang berguna dengan mengunjungi perpustakaan setempat, majalah atau toko buku dan cari informasi mengenai riview kamera digital terbaru. Tapi, sepertinya hal ini tetap kurang fleksibel dibandingkan dengan menggunakan internet.

Jangan juga mengabaikan angka pengunjung dari website kamera tersebut. Mereka mungkin memiliki beberapa model yang masuk dalam rentang harga Sobat, tetapi yang tidak Sobat lihat di toko kamera. Sobat juga bisa mencari moel yang dapat di-upgrade dengan tambahan biaya yang lebih murah.

APAKAH HAL YANG PALING PENTING UNTUK SOBAT CARI?

 Sobat ingin memastikan kamera digital baru Sobat akan memberikan gambar berkualitas tinggi. Ini harus memiliki kecepatan, penajaman lensa dan harus mampu mengambil gambar denga resolusi tinggi yang cukup, setidaknya 6 MP.

Sobat pastinya  ingin memastikan kalau kamera yang baru Sobat beli akan menyenangkan ketika dipakai dan tentunya sesuai dengan tujuan Sobat. Ada satu persyaratan minimum untuk setiap kamera digital yang baik, terlepas dari jenis. yaitu kualitas gambar.

Kualitas foto adalah bagian terpenting dari kualitas lensa dan resolusi kamera- yaitu, jumlah pixel yang dimilikinya. Karena begitu banyak piksel yang diperlukan untuk membuat foto, resolusi kamera diukur dalam megapixel. Satu megapiksel (“MP”) adalah satu juta piksel. Umumnya, semakin besar jumlah megapixel kamera, semakin tinggi kualitas foto yang dibuat. Sobat akan menemukan spesifikasi untuk kamera yang memiliki tingkatan resolusi yang dimulai dari 4 MP untuk kamera point and shoot , 24 MP untuk dSLR’s.

Berapa besar piksel yang Sobat butuhkan?

Untuk fotografer amatir tingkat lanjut, 6 MP akan memberikan Sobat resolusi yang cukup untuk menghasilkan gambar yang tajam, cetakan yang detail dari gambar dalam ukuran yang paling umum, yaitu 4″ x 6″ ke 8″ x 10″. Namun, jika Sobat berencana untuk membuat gambar yang super besar atau untuk majalah glossy, Sobat mungkin dapat memilih kamera dengan resolusi yang lebih tinggi. Perlu diingat, jarang sekali orang melihat dengan sangat dekat untuk mendapatkan detail gambar, maka pembesaran dari kamera 6MP  dengan lensa yang tajam masih mungkin akan terlihat bagus bila dilihat dari jarak yang tepat. Untuk itu Pilihlah kamera dengan kemampuan minimal 6 megapixel (dan lensa berkualitas).

FITUR LAIN UNTUK DIPERTIMBANGKAN

Tentu saja untuk mendapatkan kamera digital yang sempurna ada pertimbangan lain, seperti Optical zoom, dengan asumsi bahwa Sobat memang mempertimbangkan untuk memiliki kamera digital yang memiliki zoom lensa.

PERTIMBANGKAN UNTUK MEMBELI MEMORY CARD DENGAN KAPASITAS BESAR UNTUK KAMERA BARU SOBAT

Kebanyakan kamera digital dijual dengan kartu memori , tetapi biasanya memiliki kapasitas kecil. Tentu saja, itu akan membantu Sobat untuk memulai mengambil gambar, namun lambat-laun kapasitasnya mulai penuh, dan Sobat akan berharap untuk membeli kartu memori dengan kapasitas yang lebih besar. Saya sarankan Sobat untuk membeli kapasitas kartu memori yang besar ketika Sobat membeli kamera. Sobat nantinya akan bersyukur kalau yang Sobat lakukan benar. (lihat artikel 8 tips untuk melindungi gambar digital)

GARANSI

Sobat harus mencari tahu jenis garansi apa diberikan oleh produsen. Garansi setahun untuk sebuah kamera digital adalah normal. Sobat mungkin saja membeli perpanjangan garansi secara terpisah kepada pengecer untuk mengantisipasi perbaikan setelah garansi pabrikan telah habis masa berlakunya. Saya tidak menyarankan Sobat untuk membeli perpanjangan garansi, karena kemungkinannya jika kamera Sobat tidak memiliki masalah selama setahun itu berarti kamera yang Sobat beli sudah bagus, tidak perlu lagi perpanjangan garansi. Perlu diketahui bahwa perpanjangan garansi (dan bahkan garansi asli) biasanya tidak mencakup apabila kamera Sobat retak atau kerusakan yang diakibatkan karena kelalaian sendiri

JANGAN MEMBAYAR LEBIH DARI YANG SEHARUSNYA

Jika Sobat mengikuti setiap langkah di atas, Sobat seharusnya dalam posisi yang baik untuk mengetahui kamera digital apa yang tepat bagi Sobat untuk dibeli. Saya sarankan Sobat berbelanja pada toko yang sama karena tidak semua pengecer menjual kamera yang sama dengan harga yang sama.

Baca juga:

3 pemikiran pada “Tips Membeli Kamera Digital Yang Tepat Bag. 2

  1. Ping balik: Mengenal Fill Flash « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: 10 Tips Memotret Sunset Dan Sunrise « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s