Software Photorecovery 2010 – Mengembalikan Foto Yang Hilang

Mimpi buruk seorang fotografer adalah adanya pesan “ERR-” pada kameranya yang artinya ada masalah pada Memory Card atau CompactFlash-nya. Dan ini dapat terjadi kapan saja tanpa kita duga sebelumnya. Yang lebih parah adalah jika didalam kartu tersebut tersimpan gambar-gambar penting hasil jepretan seumur hidup. Untuk itulah, kita semua harus bergegas untuk menemukan cara untuk memulihkan gambar-gambar yang hilang untuk selamanya itu. Dan di sanalah Photorecovery Profesional 2010 mungkin dapat membantu Sobat.

Selain memulihkan berbagai jenis file dari kartu memori Sobat Professional version Photorecovery juga memiliki fitur Digital Media Doctor, yang dapat Sobat gunakan untuk menguji kinerja memory card tertentu (yaitu seberapa baik kartu tersebut membaca / menulis).

ini tampaknya bagus dalam teori, tapi bagaimana kenyataannya? Apakan Photorecovery dapat benar-benar dapat menrecover semua gambar Sobat yang telah hilang? Kita baca artikel dari seorang Professional Photography yang bernama Finn Besty, Besty adalah fotografer dari Dexter, Michigan Amerika Serikat dan ia sering berbagi pengalamannya di LearnWithBetsy.com:

“ Saya mencoba beberapa tes dengan kartu media yang berbeda untuk mencari tahu. tes pertama menggunakan kartu CompactFlash yang digunakan selama shoot di studio. Kamera memberi saya sebuah pesan “ERR-“, dan kartu tersebut tidak dapat dibuka pada saat dimasukkan secara normal ke dalam cardreader komputer (memasukkan kartu ini ke komputer bahkan telah menyebabkan sistem hang). Dengan menggunakan Photorecovery, saya memulai dengan sector scan dari kartu 4GB pukul 11 pagi hingga selesai, dengan hasil errors, sekitar jam 6:00 malam itu, Photorecovery gagal untuk memulihkan data apapun. Saya kemudian menggunakan Digital Media Doctor pada kartu 4GB, dan tidak mengejutkan, ini semua gagal. Sementara itu mungkin dapat disimpulkan dari hasil ini bahwa software ini tidak berguna, Saya lebih rentan untuk meletakkan kesalahan pada kartu yang benar-benar rusak. Saya telah mengirimnya ke produsen untuk mengkonfirmasi ini, dan Saya akan memperbarui laporan ini jika saya mendengar sebaliknya.

Screen capture Digital Media Doctor saat menjalankan diagnosa pada kartu compact flash 4GB rusak.

Sejak tes pertama saya hanya mendapatkan kalau Photorecovery tidak dapat memulihkan data, ini tes berikutnya menunjukkan apakah Photorecovery bisa mengembalikan foto-foto saya?. Kali ini, saya menggunakan kartu CompactFlash 8GB yang telah digunakan di studio selama bertahun-tahun. Photorecovery selesai mendiagnosa kartu 8GB tersebut tanpa masalah. Ketika sebelumnya dilihat menggunakan file browser komputer, kartu 8GB tidak terlihat adanya file, tapi Photorecovery mampu memulihkan file gambar (baik .Jpg dan .nef, ataupun .raw). Saya memulai scan pada pukul 21:26, dan selesai pada pukul 21:44, merecover 760 file.

Screen capture Photorecovery scan 85 persen telah selesai, dan 655 file pulih sejauh ini.

Dari 760 file ini, Photorecovery mengembalikan gambar dari 5 sesi, perjalanan saya ke Italia dan Israel, lokakarya afiliasi PPA dan kelas-kelas di sekolah. Karena saya memformat ulang kartu saya setelah men-download setiap putaran gambar, Photorecovery mampu memulihkan beberapa file yang telah diformat. Lebih mengesankan lagi,  adalah rentang tanggal penciptaan untuk file-file ini pulih: 12/2010, 11/2010, 9 / 2010, 8 / 2010 /, 4 / 2010, 6 / 2008, dll saya terkesan dengan ini.

Tes terakhir saya menggunakan beberapa merek Media Card yang murah dan telah usang. Dalam waktu kurang dari dua menit, Photorecovery merecovery 45 file dari SD card 512MB bermerek murahan. Sayangnya, apabila melihat secara lebih dekat pada gambar terlihat bahwa ada beberapa file yang rusak, mungkin karena kenyataan bahwa sebelumnya saya telah mencoba (dan gagal) untuk memformat kartu ini menggunakan Windows (baik NTFS dan FAT32).

Saya juga menggunakan Photorecovery pada dua kartu SmartMedia. Yang pertama, kartu SmartMedia 8MB, menggunakan Windows prompt untuk memindai kartu dan error ketika dimasukkan ke komputer. Menggunakan Photorecovery, ini dapat merecovery 71 gambar dari kartu. Beberapa gambar sebagian rusak, namun sisanya utuh. Ketika aku menggunakan  Digital Media Doctor pada kartu ini, membackup, menghapus, mem-format, dan mengembalikan semuanya dapat selesai dengan sukses. Akhirnya, Saya mencoba membaca kartu melalui file browser komputer, dan kartu tidak lagi memperlihatkan pesan error. Sedangkan untuk kartu SmartMedia kedua yang  rusak (4MB), Photorecovery mampu mengembalikan 63 gambar.

Meskipun tidak ada software yang dapat memulihkan 100 persen data, 100 persen waktu, itu saya berkesimpulan bahwa Photorecovery memiliki tingkat keberhasilan yang relatif baik. Dari lima kartu test tersebut dalam tinjauan ini, Photorecovery mampu mengembalikan data empat dari kelima kartu tersebut. gambar yang sepenuhnya pulih adalah tiga dari lima kartu. Saya harus mencatat bahwa saya juga menggunakan Photorecovery pada 20 kartu SmartMedia usang, dan melampaui tingkat keberhasilan untuk pengambilan gambar. “

Photorecovery 2010 kompatibel dengan system Windows (Windows 2000 +) dan Mac (OSX 10.4 +). Sobat membutuhkan minimal 512MB RAM, card reader, dan ruang hard disk bebas (sebanyak data yang ingin direcover). Perangkat lunak Photorecovery adalah lisensi untuk periode satu tahun, dan ada beberapa pilihan lisensi yang tersedia: Photorecovery ($29/tahun, single machine), Photorecovery Profesional ($39/tahun,single machine), dan Photorecovery Profesional-Comercial ($249.95/tahun). software ini dapat merecover gambar dari berbagai jenis kamera, situs Photorecovery menyatakan: “Ada Beberapa jenis kamera yang filenya terhapus dan tidak dapat direcover.” Ada juga free trial version Photorecovery 2010, untuk informasi lebih lanjut, kunjungilah website  Technology LC (http://lc-tech.com/software/software.html).

Sumber : bphotoart.com

 

 

Baca Juga:

 

6 pemikiran pada “Software Photorecovery 2010 – Mengembalikan Foto Yang Hilang

  1. I think that everything wrote was actually very
    reasonable. However, what about this? what if you composed a
    catchier title? I mean, I don’t want to tell you how to run your
    blog, but suppose you added something that makes people want more?

    I mean Software Photorecovery 2010 – Mengembalikan Foto Yang
    Hilang | Weddingku Magazine is a little plain. You ought to
    glance at Yahoo’s front page and note how they create post titles to
    grab viewers interested. You might try adding
    a video or a related pic or two to grab readers excited about everything’ve got to say.

    Just my opinion, it would bring your website a little bit more interesting.

  2. Right here is the right site for everyone who hopes to find out about this topic.
    You understand so much its almost hard to argue with you (not
    that I actually will need to…HaHa). You definitely put a new
    spin on a subject that has been discussed for decades.
    Excellent stuff, just excellent!

  3. Having read this I believed it was really informative.
    I appreciate you taking the time and energy to put this article together.

    I once again find myself spending a significant
    amount of time both reading and commenting. But so what, it was still worthwhile!

  4. Its like you read my mind! You seem to know so much about this,
    like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message
    home a bit, but instead of that, this is great blog.

    An excellent read. I will certainly be back.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s