Firefly Sensor Cleaner, Pembersih Sensor Anti Debu

Pada pandangan pertama, Firefly sensor cleaner mungkin tidak terlihat berbeda dari perangkat sensor cleaner lainnya  yaitu teknik meniupkan udara pada sensor kamera. Tapi produk yang satu ini berbeda Sob!. NRD, perusahaan yang merancang produk ini, mengkhususkan diri agar sensor dapat terbebas dari listrik statis dimana partikel debu jadi sangat mudah menempel. Secara teori, Firefly bekerja seperti pembersih udara pengion yang dapat Sobat beli di toko perlatan. Namun, Bila Sobat menggunakan unit dari Firefly, setiap udara yang melewati perangkat akan terionisasi. Ini artinya Sobat menggunakan udara terionisasi untuk membersihkan sensor Sobat, sehingga dengan begitu dapat menetralkan listrik statis  yang memungkinkan partikel debu “jatuh” dari sensor kamera Sobat.

Firefly sensor cleaner terdiri dari dua bagian, sehingga memudahkan kita untuk menyimpannya di tempat yang sempit. Bagian pertama yaitu ruang udara ditutup dengan  penutup dari karet kuning, Sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini. Ketika pemasangan, sobat harus melepas  tutup kuning tersebut.

Untuk memasang Firefly, cukup masukkan bagian konektor ruang udara ke dalam tempat yang sesuai pada bagian lain dari Firefly, kemudian putarkan untuk mengunci agar kuat. Setelah menyatu, Firefly terlihat seperti sebuah roket yang siap lepas landas🙂.

Untuk menggunakan Firefly, Sobat harus mengunci miror dalam kamera Sobat, dan tempatkan bodi kamera dalam posisi telungkup. Dengan begini pembersihan akan terbantu dengan gaya gravitasi dimana debu-debu akan jatuh ketika Sobat mulai membersihkan sensor Sobat. Firefly merekomendasikan pemasangan bodi kamera pada tripod, tapi jika Sobat tidak punya, Sobat bisa menyuruh asisten Sobat untuk menahannya😀. Setelah kamera sudah dalam posisi, Sobat cukup menekan (dan tahan) tombol power pada perangkat ionisasi udara, dan kemudian tekan  ruang udara beberapa kali untuk memberikan beberapa tiupan udara ke dalam  sensor.

Untuk percobaan, kita dapat menggunakan kamera yang sensornya sudah lama tidak dibersihkan. Sobat dapat melihat pada gambar di bawah dimana sensor kamera ini sangat kotor:

Setelah membersihkan sensor dengan menggunakan metode yang dijelaskan di atas, kita periksa sensor secara visual (ya, ini lebih baik dari sebelumnya!), Dan memang bahwa FireFly melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menghilangkan semua debu. Agar debu tidak menempel lagi ketika akan membersihkan bagian yang lain, sebaiknya setelah Sobat membersihkan miror pada kamera, kunci miror tersebut lalu bersihkan bagian yang lain, dan lihat hasil akhirnya pada gambar dibawah ini.


Karena FireFly membersihkan sensor tanpa benar-benar menyentuh sensor kamera Sobat, Sobat tidak perlu khawatir dengan pembatalan garansi (Sebagian merk kamera akan membatalkan garansi jika ada yang cacat pada sensor atau bagian lain dari kamera). Di sisi lain, karena tidak menyentuh secara fisik pada sensor, FireFly hanya dapat menghilangkan partikel kering seperti debu. Bintik-bintik karena minyak atau kotoran yang lengket tidak akan dapat dibersihkan walaupun Sobat mencoba meniupnya dengan FireFly beberapa kali.

Sewaktu menggunakan Firefly, kita akan melihat manfaat dari teknik pembersihan debu kering pada sensor. Karena jarang sekali sensor kamera terkena kotoran minyak atau benda lengket. Seberapa sering Sobat mengalami hal semacam itu selain partikel kering yang menempel sensor Sobat? Dari pengalaman saya, sebagian besar kotoranyang menempel sehari-hari atau bahkan berminggu-minggu pada sensor hanyalah debu, tidak lebih.

Memiliki FireFly memungkinkan kita untuk melakukan pembersihan sensor secara  cepat sebelum sesi pemotretan. Ini jauh lebih fleksibel daripada menggunkan teknik membersihkan dengan kain basah, dan tentunya lebih cepat daripada mengirim kamera Sobat ke tukang pembersih sensor. Plus, karena Firefly menetralkan listrik statis, tampaknya dapat  membantu ruang interior kamera dari magnet debu. Manfaat ini akan memungkinkan Sobat untuk  jarang melakukan pembersihan sensor.

Secara keseluruhan, saya terkesan dengan beberapa keuntungan menggunakan FireFly. Apalagi tombol powernya yang menggunakan teknik “tekan dan tahan” menjamin penggunaan baterai yang lebih efisien.

Jika Sobat mencari perangkat untuk membantu menjaga sensor kamera Sobat dari debu tanpa takut membatalkan garansi, -maka Sobat harus mempertimbangkan FireFly sensor cleaner. Firefly dibundel dengan harga $ 199 dan Sobat beli di Amazon.com dengan harga $167.

Sumber referensi: www.ppmag.com

3 pemikiran pada “Firefly Sensor Cleaner, Pembersih Sensor Anti Debu

  1. Ping balik: Tips Merawat Kamera: 6 Musuh Alami Yang Mematikan « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: Top 10 Ide Hadiah Natal 2011 Untuk Fotografer « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s