Rahasia SEO Untuk Fotographer Profesional

Kalau Sobat seorang Fotografer, Kemungkinan besar Sobat punya blog yang Sobat gunakan untuk mempromosikan studio Sobat, tapi jika Sobat tidak memanfaatkan kekuatan Search Engine Optimization (SEO) untuk mendatangkan trafik, Sobat akan kehilangan kesempatan untuk menunjukkan pekerjaan Sobat ke banyak klien yang mungkin berpotensial. Jika website utama Sobat adalah SEO-killing Flash website (website yang memiliki konten blog yang muncul pada hasil pencarian), berarti Sobat masih akan mendapatkan nama studio Sobat di depan mesin pencari (Search Engine) yang sedang mencari tentang keyword (kata kunci) fotografer. Bahkan jika website utama Sobat muncul di hasil pencarian tanpa bantuan dari blog Sobat, Sobat masih dapat menggunakan blog Sobat untuk menargetkan ratusan keyword tambahan yang targetnya tidak akan bisa efektif pada website utama.

Keywords pada Judul Posting Dan Nama halaman

Untuk mengetahui keyword mana yang akan dijadikan target, tampak seperti permainan tebak-tebakan atau permainan keberuntungan. Sebetulnya Jika Sobat hanya mempunyai  satu keyword sekalipun, Sobat akan mulai melihat hasil yang baik dari waktu ke waktu. Apa yang harus Sobat lakukan adalah memilih sebuah frase keyword yang mencakup kata-kata lokasi khusus.  Lokasi yang Sobat pilih untuk keyword bisa secara umum seperti sebuah nama kota, atau bisa juga lebih spesifik seperti nama taman. Ini sepenuhnya terserah Sobat. Beberapa keyword memiliki trafik yang lebih banyak dari yang lain, dan Sobat dapat menggunakan Keyword Tool di Google AdWords untuk mendapatkan informasi  umum mengetahui berapa banyak trafik keyword yang telah Sobat pilih. Beberapa lokasi yang lebih kecil, seperti tempat ibadah atau tempat resepsi, biasanya tidak akan mendapatkan trafik yang cukup bahkan untuk terdaftar di Google.

Sobat akan terkejut betapa cepatnya keyword dengan volume pencarian yang rendah dapat mendatangkan trafik yang potensial, jadi tidak semua keyword dengan volume pencarian yang rendah tidak relevan. Setelah Sobat memiliki keyword yang akan diambil, masukan itu dalam judul posting Sobat. Saya menggunakan blog WordPress dan mengambil nama halaman saya dari judul posting saya, jadi saya tidak perlu khawatir untuk  mengubah nama halaman saya secara manual. Jika platform blogging Sobat tidak menggunakan nama halaman yang tepat secara otomatis, Sobat harus menetapkan nama halaman Sobat sendiri untuk memasukkan keyword Sobat.

Sering Update Posting

Jika Sobat akan menargetkan istilah pencarian dengan volume yang lebih rendah, Sobat harus banyak melakukan update posting yaitu memasukan  artikel-artikel baru dan lebih segar untuk membawa jenis trafik  yang potensial. Melakukan update Posting yang sering dengan peringkat keyword yang mudah adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan pencarian teratas bahkan di ceruk yang ramai. Jika para pesaing Sobat mempertimbangkan tentang SEO, sebagian besar mereka akan pergi untuk kompetisi keyword yang ketat karena di sanalah mereka pikir semua trafik itu berasal. Seolah-olah mereka melompat  pada buah yang menggantung rendah karena mereka mungkin tidak sadar bahwa ada orang yang sangat spesifik sudah masuk dilokasi dalam pencarian mereka. Semakin banyak Sobat melakukan posting dengan spesifik tertentu, semakin banyak pengunjung ke blog Sobat dan ini tidak disadari banyak orang.

Interlink Posts

Selain meningkatkan jumlah pengunjung yang hanya sekedar membaca posting Sobat dan rata-rata menghabiskan waktu di situs Sobat, interlinking posting juga dapat melakukan keajaiban untuk meningkatkan peringkat posting blog Sobat di Google. Menambahkan link dari posting lain bisa menjadi sedikit rumit pada awalnya. Setelah beberapa lama, ini akan menjadi kebiasaan kedua setelah membuat posting, jadi tetaplah seperti itu. Kata kunci yang menghubungkan ke posting  harus sesuai dengan link yang ada di seluruh konten Sobat. Apabila Sobat sudah lebih mahir, Sobat akan dapat memasukkan link di tengah kalimat, sehingga ketika ada link didalam kalimat tidak akan membuat kalimat menjadi tampak aneh. Trik lainnya adalah Sobat harus menyertakan keyword dalam teks link. misalnya, jika Sobat menulis posting tentang cara mempersiapkan sesi wedding, Sobat dapat menghubungkan ke posting sebelumnya yang berhubungan dengan pakaian, mungkin teks link Sobat berisi “cara memilih pakaian.”

Membangun Link Untuk Posting

Agar masing-masing posting Sobat mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian, Sobat perlu membangun link untuk setiap pos tertentu, bukan hanya link yang tertuju ke blog utama. Link ke posting blog individu disebut juga dengan deep link, dan ini  biasanya sulit didapatkan. Jangan khawatir, Saya punya solusi untuk Sobat. Yang harus Sobat lakukan hanyalah memberikan komentar pada blog yang memiliki URL pada komentarnya, dimana URL itu dapat Sobat isi untuk mengarahkan blog atau website utama Sobat. Sobat dapat memulainya dari blog ini, isi nama, email dan alamat website Sobat. Cobalah setiap hari sedikitnya lima komentar pada posting blog yang berbeda, dan nanti lihat hasilnya, blog Sobat pun sedikit demi sedikit akan mulai terangkat.

Kenapa itu dapat terjadi?, karena setiap orang yang masuk ke blog ini dan membaca posting, biasanya mereka tertarik untuk memberikan komentar dan tentu saja mereka penasaran untuk meng-klik link-link yang berhubungan dengan kebutuhannya.

Yang perlu diperhatikan, kebanyakan situs biasanya mengharapkan Sobat untuk meninggalkan komentar yang relevan dan memiliki masukan untuk posting blog tersebut. Komentar seperti “Postingnya bagus” , “Mantaps Bro!!” atau “Main ya ke blog saya”, dll. jarang disetujui oleh pemilik blog. Kalau disini boleh-boleh saja asal tidak mengandung kata-kata kasar dan mengandung SARA.

 

Apa Yang Diharapkan?

Pastikan Google Analytics terinstal pada blog Sobat sehingga Sobat dapat mulai melacak pengunjung blog. Seberapa cepat Sobat mulai melihat hasil dengan SEO tergantung pada seberapa banyak otoritas blog Sobat yang telah memiliki daya saing dari keyword yang Sobat pilih untuk ditargetkan. Di blog ini, biasanya saya menggunakan keyword dengan kompetisi yang lebih rendah untuk muncul di Google dalam waktu sekitar sehari. Ketika saya memulai, butuh beberapa minggu untuk muncul dalam hasil pencarian karena saya tidak mempunyai banyak otoritas blog. Setelah beberapa waktu akhirnya terlihat peningkatan pengunjung yang meningkat drastis, dan ini semua tidak lepas dari banyaknya pengorbanan waktu tenaga dan uang. Sobat-pun harus seperti itu🙂.

 

By: Sochen

Satu pemikiran pada “Rahasia SEO Untuk Fotographer Profesional

  1. It is perfect time to make some plans for the future
    and it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or suggestions. Maybe you could write next articles referring to this article. I want to read even more things about it!

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s