Mencari Uang Dengan Kamera Poket

Sob, apakah Sobat punya kamera poket (kamera saku) dirumah? Tahu nggak kalau kamera poket  ternyata juga bisa mendatangkan profit (menghasilkan uang)!.

Ini seperti yang dilakukan teman saya di kampung, dimana kini ia telah menghasilkan uang ratusan ribu per hari dengan cara mengolah kamera poketnya menjadi bisnis yang unik.

Mungkin tidak semua orang berfikiran seperti teman saya ini, atau mungkin juga diantara Sobat ada yang pernah sempat kepikiran untuk menjadikan kamera poketnya menjadi ladang uang.

Lalu gimana caranya??

OK, yang harus Sobat persiapkan adalah :

  1. Kamera Poket (boleh merk apa saja yang penting ukuran pixelnya lebih dari 5MB)
  2. Seperangkat Komputer untuk meng-edit hasil jepretan Sobat.
  3. Printer untuk mencetak foto

Dasarnya disini adalah Sobat harus terlebih dahulu menguasai Photoshop. Kalau Sobat awam dengan Photoshop, Sobat bisa belajar tutorialnya yang kini banyak sekali bertebaran di internet.  Yang penting Sobat telah menguasai koreksi warna, ganti background, mengenal penggunaan layer dan croping.

Kalau Sobat telah menguasai itu semua, kini Sobat tinggal ACTION dengan kamera poket yang Sobat milki.

Teman saya biasanya nongkrong  di sekolahan deket rumahnya, entah itu TK, SD, SMP atau SMA, dia menawarkan pemotoan kepada para siswa tersebut untuk berfoto sambil memperlihatkan hasil cetakan yang sudah dia buat di rumah.

Satu kali jepretan dia hargai RP.3000 untuk ukuran 2R (9x12cm), Rp.5000 untuk ukuran 4R (10x15cm), dan Rp.15000 untuk ukuran A4 (21x29cm).

Setelah selesai berfoto, dia menjanjikan ke anak-anak fotonya bisa diambil nanti pulang sekolah, karena tentu saja kan foto-fotonya harus diolah dulu biar keren!.

Ketika anak-anak masuk sekolah dia pulang kerumahnya untuk mentransfer hasil jepretannya dan mulai mengedit foto. Hampir semua foto diganti backgroundnya dengan pemandangan atau dengan gambar-gamabr menarik sesuai permintaan anak-anak.

Yang mungkin menjadi masalahan, mungkinkah mengganti background seluruh foto tersebut dengan cepat karena berhubung siangnya akan diambil?.

Disinilah Sobat harus memutar otak untuk mendapatkan solusi, dan solusi tersebut sebetulnya tidaklah rumit. Yang harus Sobat lakukan adalah menyeleksi foto menggunakan tool Magic Wand Tool, karena tool ini hanya akan menyeleksi warna-warna tertentu untuk itu  ketika proses pemotretan Sobat harus mengusahakan background yang dipakai adalah polos (biasanya dinding sekolah berwarna polos).😀.

Untuk mengganti bakcgorund dengan cepat, nanti akan saya bahas di artikel yang lain.

Setelah proses editing selesai, selanjutnya tinggal cetak dengan printer menggunakan paper glossy (kertas untuk foto) yang sekarang harganya terbilang murah. Untuk ukuran A4 saja harganya kurang dari Rp.30.000/20 lembar. makanya bisnis ini terbilang menguntungkan karena ukuran A4 bisa memuat foto 2R sebanyak 9 buah (9xRp.3000=Rp. 27.000) tinggal itung aja sendiri keuntungannya berapa?!🙂.

Sebelum anak-anak pulang dari sekolahnya, teman saya udah nongkrong di tempat semula dia menjual jasa fotographernya. Ketika para siswa keluar dari sekolah, mereka mengambil foto dan membayarnya.

Itulah yang teman saya lakukan setiap hari hingga sekarang, dari sekolah ke sekolah. Bahkan sekarang dia tidak perlu pulang pergi kerumahnya, cukup dengan laptop dan printer Epson c90 yang terhubung Accu. Temanku yang kreatif!

Sobat.. kalau sobat udah punya peralatan yang mendukung dan Sobat-pun udah mahir dengan edit-mengedit foto, kini saatnya Sobat berwirausaha sendiri. Lumayan lho buat makan sehari-hari bahkan kalau pintar menabung cukup lho untuk beli laptop seperti yang teman saya lakukan. So keep spirit and keep action, jangan menyerah!!!

 

Original By: Sochen

 

 

 

 

Satu pemikiran pada “Mencari Uang Dengan Kamera Poket

  1. Ping balik: macam-macam kamera | adityathedarkness

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s