Lukisan Ajaib, Adobe Photoshop CS5

gambar memiliki arti seribu bahasa, apa lagi lukisan dengan nilai seni yang tinggi!

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menangkap sebuah moment indah dari sesuatu atau seseorang  daripada foto, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menggambarkan sesuatu yang indah daripada melalui sebuah lukisan.

Sejak dahulu, dimana seni baru dikenal dibelahan dunia ini, telah terjadi daya tarik luar biasa dengan pengabadian wajah manusia. Namun, dari banyaknya karya seni yang menawan, karya seni terbesar yang pernah dibuat manusia adalah lukisan potret!

Ketika orang mempelajari sejarah seni, mereka biasanya menganggap bahwa lukisan foto adalah hal yang paling utama dibandingkan dengan yang lainnya. Banyak sekali lukisan yang terkenal di seluruh dunia seperti karya Leonardo da Vinci, Edgar Degas dan John Singer Sargent, mereka adalah para pelukis potret.

Jaman Modern sekarang pun tidak kalah banyak lukisan-lukisan yang bernilai seni tinggi, namun sekarang yang akan dibahas adalah seni lukis menggunakan perangkat modern seperti komputer, dan kita memanggil mereka sebagai Seniman Digital.

Untuk menjadi seorang Seniman digital, Sobat akan menghadapi dua tantangan dalam mensimulasikan kesenian tradisional.

1. Membuat warna campuran sehingga menghasilkan transisi lembut antar warna.

2. Membuat garis kuas yang terlihat nyata dan mirip dengan garis kuas tradisional.

Namun kini Sob!, Dalam Photoshop CS5, kedua tantangan ini dapat diatasi dengan cara yang luar biasa. Photoshop mengeluarkan dua kuas (brush) terbaru yaitu Bristle brush dan Mixer brush juga ditambahkannya program lukisan baru yang lebih powerful, Kini melukis foto digital  akan lebih menyenangkan.

Apa Itu Lukisan Foto?

Foto lukisan, adalah simulasi dari area kerja lukisan, peralatan-peralatan dan kuas, didasarkan pada gaya para pelukis tradisional (Old Master) dan ilmu yang telah kita pelajari dari sejarah seni.

Selama berabad-abad, para seniman telah menggunakan foto sebagai referensi untuk lukisan mereka, sehingga kamera hanya digunakan untuk menangkap gambar foto. seni Foto, atau lebih dikenal dengan lukisan foto, selalu dan akan selalu menjadi bentuk seni, dapat diterima kapan saja,dimana saja, tidak pernah lengkang oleh perubahan zaman.

Kini, Dengan mengenal alat-alat lukisan baru dari Photoshop CS5, memungkinkan Sobat untuk mengubah foto Sobat ke dalam berbagai gaya seni lukis, dan tentu saja ini adalah carayang  lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

Menggunakan Photoshop untuk mengubah foto Sobat ke dalam lukisan, ini mirip dengan bagaimana Old Masters menggunakan kamera obscura, atau mungkin teknik Norman Rockwell, beberapa abad yang lalu. Rockwell menggunakan foto sebagai referensi lukisan sehingga dia dapat melukis dengan sangat detail. Dengan menggunakan sebuah balopticon, Rockwell membuat proyek foto dari subjek ke atas selembar kanvas besar, kemudian ia menjiplaknya secara detail, setelah menjadi sketsa, ia mulai menambahkan cat warna, dan begitulah ia menciptakan karya besarnya!

Jika Sobat kembali ke masa lalu dan mempelajari seni lukis para Old Masters, Sobat akan melihat bahwa tidak ada yang berubah dengan seni lukis ini. Seni lukis hari ini sama seperti seni lukis ratusan tahun yang lalu … hanya saja peralatan yang kita gunakan saat ini sedikit berbeda dengan peralatan di masa lalu.

Sebelum kita mulai terbiasa dengan alat-alat lukisan baru, tentukan terlebih dahulu gaya lukisan yang akan Sobat simulasikan. Apakah lukisan Sobat ingin terlihat seperti lukisan minyak, atau mungkin cat air? Trus, Master mana yang akan Sobat ikuti? Impresionis? Dutch? Realistis? dll. Pokoknya Master  manapun yang akan Sobat ikuti, Sobat harus belajar untuk tidak terpaku pada warna asli foto. Buatlah lukisan se realistis mungkin.

Rahasianya berada di BACKGROUND! terang atau gelapnya lukisan Sobat, ditentukan oleh arah atau tujuan lukisan yang akan Sobat buat, dan yang paling penting, pada jenis media apa lukisan Sobat akan dicetak ketika selesai (print out).

Jenis lukisan Apa yang akan Sobat praktekan, cat air atau cat minyak?. Seperti yang kita ketahui, kuas adalah jantung dan jiwa dari setiap pelukis, baik pelukis digital ataupun pelukis tradisional. Dengan kuas (brush) yang terbaru dari CS5, kita dapat menyesuaikan jenis kuas untuk meniru setiap gaya dari lukisan, tapi pertama-tama mungkin kita harus mempersiapkan foto yang mudah terlebih dahulu untuk dilukis, sebelum kita melakukan yang lebih rumit!

High key Image (warna yang menonjol) yaitu gambar dengan background warna terang akan terlihat lebih cantik dengan seni lukis bertekstur kertas atau cat air. Garis putih yang lembut (soft) di sekitar gambar akan memberikan effect sebuah lukisan cat air tradisional. Tumbuhan hidup (Still life) seperti bunga akan terlihat cantik dilukis dengan garis putih lembut. Sebuah subjek dengan warna terang bagus untuk lukisan pada pakaian anak-anak, ABG atau pengantin.

Low-Key image (warna merata) yaitu gambar dimana antara objek dan background hampir tidak memiliki perbatasan antara keduanya (merata), Low-Key Image akan terlihat bagus saat digambar dengan lukisan minyak. Di dunia tradisional, lukisan minyak selalu dilukis di atas kanvas. Jadi, ketika Sobat ingin meniru tampilan dan nuansa lukisan minyak yang nyata, Sobat dapat mencetaknya di atas kanvas.

Jika Sobat ingin membuat lukisan cat air, tambahkan setidaknya 2 sampai 4 inci ruang putih di sekitar gambar Sobat. Intinya, semakin besar lukisan yang Sobat buat, semakin luas juga perbatasan ruang putih tersebut (canvas size). Kenapa? Karena nanti Sobat perlu perbatasan putih tersebut untuk tepi cat air yang lembut.

BEBASKAN EKSPRESIMU!

MENYESUAIKAN HUE AND SATURATION! Yang paling penting dari sebuah foto/lukisan adalah warna secara keseluruhan. Dan sekarang ini, yang paling digemari dalam dunia seni lukis adalah saturasi warna (color saturation). Saturasi adalah pembatas yang membedakan antara foto dari lukisan. Nanti, kita akan bersama-sama belajar untuk mengubah gambar foto biasa menjadi gambar lukisan hidup, mencoba noise and posterization.

CATATAN: Saya tidak bisa menekankan pentingnya WARNA, karena itu adalah faktor utama dalam sein lukis, bahkan dalam semua lukisan! Jika Sobat mendapatkan warna yang menurut Sobat sesuai dengan karakter seni Sobat, walaupun itu banyak melanggar aturan tones dan nilai warna, itu akan menjadi sumber yang luar biasa untuk merubah sebuah foto menjadi lukisan yang indah!

HDR toning MAGIC!

Jika Sobat sering menerapkan pengaturan Hue/saturation untuk merubah saturasi pada foto Sobat , dan berharap mendapatkan vibrant yang dicari… hal seperti ini tidak akan memunculkan noise and posterization dan detail yang Sobat buat dalam gambar yang nantinya akan Sobat lukis. Sobat boleh menggunakan metode ini nanti,  tapi pertama, Sobat harus mencoba menggunakan HDR MAGIC! Perintah HDR Toning Magic memungkinkan Sobat untuk menerapkan berbagai HDR kontras dan pengaturan eksposur pada gambar individu, sehingga memungkinkan Sobat untuk membuat detail dan warna yang bagus, sebagai dasar untuk gambar yang akan Sobat lukis!

CATATAN: HDR toning hanya bekerja pada layer yang sudah di flaten (layer > Flanten Image)

Method: Local Adaptation mengatur HDR tonality dengan menyesuaikan brightness lokal di seluruh area gambar.

Edge Glow

Radius: menentukan ukuran dari daerah brightness lokal.

Strength: menetapkan seberapa jauh nilai tonal antara dua piksel sebelum terpisah menjadi bagian lain dari wilayah brightness yang sama.

Tone and Detail

Exposure and Gamma: Memungkinkan Sobat untuk menyesuaikan secara manual brightness dan contrast dari gambar HDR. Gerakkan slider Exposure untuk memperoleh penyesuaian tambahan dan slider Gamma untuk menyesuaikan kontras.

Detail: Tarik slider Detail untuk menyesuaikan ketajaman (sharpness).

Shadow and Highlight: slider ini berfungsi untuk mencerahkan atau menggelapkan daerah yang sedang dipilih.

Color

Vibrance: Vibrance menyesuaikan intensitas warna halus, sambil meminimalkan kliping warna yang memiliki saturasi berlebihan.

Saturation: Saturation menyesuaikan intensitas dari semua warna dari -100 (monokrom) sampai +100 (double saturation).

RESEP PELUKIS!

Catatan: HDR toning hanya bekerja pada layer flaten.

1. Buka gambar Sobat dan masuk ke Image> Adjustments> HDR Toning.

2. Di Dalam pilihan Preset, pilih Monochromatic artistic. Pilihan Ini sebagai awal warna detail dan kontrol nilai hue, Sobat lihat semua highlight dan shadows akan menonjol, dan ini   merupakan titik awal yang bagus.

3. Pindahkan slider Detail, Vibrance dan Saturation sampai ke arah paling kanan, sampai highest level (level tertinggi). Ini adalah konstanta. slider yang lain akan tersesuaikan tergantung pada style yang Sobat pilih. Untuk cat air (watercolor), misalnya, Sobat bisa menambahkan banyak highlight. Cobalah!

Jika Sobat sudah merasa cocok dengan hasil dari  penggunaan HDR Toning tadi, sekarang Sobat dapat mulai untuk melukis, atau Sobat bisa bawa ke tingkat berikutnya yaitu  menambahkan lebih banyak Vibrance dan lebih banyak noise untuk schmear!

masuk ke Image> Adjustments > Hue/Saturation.  Dorong slider Saturation ke sebelah kanan. Ini akan memberi banyak noise and posterized pada gambar Sobat-  untuk membuat detail lukisan. Sobat juga dapat mengatur nilai Hue jika Sobat ingin bermain-main dengan warna lain yang menurut Sobat menarik.

KETERANGAN: Untuk membuat lukisan abstrak gaya Picasso, kita coba dengan sebuah gambar kecil dari gitar. Kita duplikat background (cmd/ctrl + J) menjadi beberapa layer. Pada setiap layer Kita terapkan Edit> Transform dan mencoba distorsi yang berbeda-beda. Ketika gambar telah sesuai dengan keinginan kita, kita flatten (Layer>Flatten Image) dan mulai menggunakan resep HDR diatas. Setelah itu kita dapat bersenang-senang menggunakan kuas (brush) terbaru sesuai kreasi Sobat.

AYO MULAI MELUKIS!

Panel STSOBATR BRUSH dan Customization options

Preview Regular Brush dibagian bawah panel menunjukkan bagaimana garis cat terlihat dengan brush yang sedang dipilih.

KETERANGAN: A. locked, B. unlocked, C.ujung brush yang Dipilih, D. Setting brush, E. Tampilan garis brush, F menu Pop-up, G. bentuk ujung Brush (tersedia bila yang dipilih Brush Tip Shape), H. Brush options.

membuat bentuk kuas (brush) dan mengatur opsi lukisan

1. Pilih bentuk Brush stSobatr, atau ujung berbentuk Bristle (bristle tips). Kemudian pilih Window> Brush. Preview di bagian bawah menunjukkan bagaimana garis cat terlihat dengan brush yang Sobat pilih saat ini.

2. Pada panel Brush, pilih brush tip shape, atau klik Brush Preset untuk memilih preset yang sudah ada.  Sobat juga dapat memodifikasi kuas yang ada dan mendesain brush baru. Panel Brush berisi opsi brush tip (ujung brush/kuas) yang akan menentukan bagaimana cat terbentuk pada gambar.

3. Pilih Brush Tip Shape di sisi kiri Brush panel dan atur option untuk stSobatrd tips dan untuk bristle tips.

4. Sobat juga dapat mengubah salah satu aspek yang telah tersedia di kolom dibawah Brush Tip Shape.

Catatan: Mixer Brush memiliki set option yang berbeda-beda dibandingkan dengan Brush Tool stSobatr.

Goresan Cat air: Ketika menggunakan brush bristel tip, klik pada Scattering untuk mengubah brush dari tampilan cat minyak ke goresan lunak yang mensimulasikan cat air.

PRESET. Sobat bisa menyimpan brush option yang telah di set sebagai preset untuk akses cepat ke karakteristik brush yang sering Sobat gunakan. Photoshop memiliki beberapa contoh brush preset, yang dapat Sobat modifikasi untuk menghasilkan efek baru, atau Sobat dapat membuatnya sendiri.

Brush Presets tidak seperti Tool Presets. Brush Presets hanya untuk menyimpan pengaturan yang diterapkan dari palet Brush. Sobat dapat menerapkan Mixer Brush Tool preset ke preset Brush, tapi Sobat harus memilih ulang option  pada panel Preset Tool.

Bristle tips (goresan dengan bulu) dan kustomisasi

Dengan Bristle tips Sobat bebas untuk menentukan karakteristik bristle yang tepat, menciptakan sesuatu yang  sangat realistis, stroke (garis) yang tampak alami.

Shape: Menentukan bentuk ujung dan pengaturan bulu (bristles).

Bristles: Kontrol keseluruhan kepadatan bulu. Berapa banyak bulu kuas yang akan digunakan.

Length: Merubah panjang bulu secara individu.

Thickness: Mengontrol lebar bulu secara individu.

Stiffness: Kontrol fleksibilitas bulu. Pada pengaturan rendah (low setting), bentuk deformasi kuas lebih mudah. Sangat mirip dengan kuas tua yang kering.

Angle: Ketika sedang melukis, ini berguna menentukan sudut ujung kuas.

Spacing: Kontrol jarak antara setiap sapuan kuas yang ditandai di kanvas. Untuk mengubah Spacing, ketikan angka atau gunakan panel geser untuk menentukan persentase diameter. Tips: Jika Sobat ingin mendapatkan hasil impresionistik dari sapuan kuas Sobat, tambahkan  lebih banyak spasi (ruang) untuk kuas Sobat.

Bristle Brush Preview: Menampilkan ujung kuas yang memperlihatkan pengaturan saat ini, tekanan dan sudut garis. Klik jendela preview untuk melihat kuas dari sisi yang berbeda.

Catatan: Untuk membuat Bristle Brush sendiri, pilih salah satu kuas Bristle default dari daftar preset brush (brush preset list), masuk ke brush panel, pilih, Brush Tip Shape, masuk ke bagian Brush Qualities dan sesuaikan slider baru. Bila Sobat sudah merasa puas dengan hasil rekayasa Sobat, klik pada ikon Create new brush di sudut kanan bawah panel, berinama kuas tersebut, lalu simpan.

AYO KITA BAURKAN SEMUA KUAS DENGAN ALAT PEMBAUR BARU!

MIXER BRUSH. Mixer Brush memungkinkan Sobat untuk membaurkan garis lukisan ke berbagai arah dan berbagai warna, dengan cara yang tepat ke ujung kuas yang sedang Sobat pilih. Sekarang Sobat bisa menggunakan teknik lukisan dunia nyata seperti pencampuran warna di atas kanvas, mengkombinasikan warna pada kuas, dan bentuk cat basah yang bervariasi!

Ketika Sobat menyapukan kuas secara langsung ke foto Sobat yang merupakan simulasi kanvas, Sobat dapat mengubah dan mencampur warna dengan kuas Bristle terbaru, menciptakan hasil karya seperti lukisan tangan bahkan dapat menciptakan lukisan kanvas yang seolah-olah “basah” atau “kering”.

Mixer Brush memiliki dua jenis, reservoir dan pickup. reservoir menyimpan warna akhir ke kanvas dan telah memiliki kapasitas cat lebih banyak. Pickup juga hanya menerima cat dari kanvas saat pencampuran. Isinya terus dicampur dengan warna kanvas. Bila Sobat memilih Wetness option, ini mensimulasikan kanvas basah, dan ketika Sobat menyapukan kuas diatas kanvas tersebut, Sobat akan merasa sedang melukis menggunakan kuas kering.

1. Untuk memilih tool Mixer Brush, klik dan tahan Brush stSobatr didalam tool palette untuk memunculkan Mixer Brush.

2. Untuk memasukan cat ke dalam reservoir (di panel tools option),  alt-klik (Win) atau option-click (Mac) di atas kanvas, atau pilih warna foreground.

3. Ketika Sobat memilih warna cat dari area kanvas (opt / alt-klik), ujung kuas memberikan beberapa variasi warna pada daerah sampel.. Jika Sobat lebih memilih brush yang berwarna solid, pilih Load Solid Colors Only dari pop-up Current Brush Load di options bar.

BUAT KARYAMU!

Persiapan

1.        Buka gambar Sobat

2.        Sesuaikan warna gambar (Resep Pelukis)

3.        Tambahkan layer kosong di atas layer background

4.        Centang Sampel All Layers di options bar

5.        Pilih Tool Mixer Brush

6.        Pilih preset untuk mulai melukis.

Blend Pixel

1.      Pilih ikon “ Clean the brush after every stroke ” (di sebelah menu drop-down di options bar)

2.      hilangkan pilihan  ikon untuk “ Load the brush after every stroke

3.      Dari menu drop-down pilih Very Wet, Heavy Mix

4.      Mulailah schlep dan schmear pixel, dan mengubahnya menjadi sapuan kuas.

Menambahkan Highlights

1.      Pilih “ Load the brush after every stroke

2.      hilangkan pilihan “ Clean the brush after every stroke

3.      Pilih Dry dari menu drop-down

4.      Pilih warna dan mulai melukis

5.      Gunakan berbagai bentuk brush dan stroke lalu citpakan karya Sobat sendiri.

KETERANGAN: Gambar diatas adalah foto seorang gadis yang sedang memainkan biola sebagai contoh untuk membuat lukisan minyak, dan lukisan cat air. Seperti yang Sobat lihat pada lukisan cat air, ada banyak stroke (garis)  yang melingkar. Itu adalah brush tip (ujung kuas) hasil rekayasa.

Lukisan diatas bergaya impresionis. Dan di bawah ini Sobat dapat melihat pengaturan untuk bulu kuas yang akan memberikan Sobat effect gaya tersebut. Schlep kuas  horizontal untuk efek Renoir Multi-color” akan memberikan Sobat efek Renoir, akan banyak warna stroke tunggal!

Begitulah….karena Photoshop bagaikan sebotol anggur, semakin berumur akan semakin baik!

Selamat Melukis!🙂

Renoir Multi-color

 

Soft Monet Blender

 

Sumber:www.ppmag.com

 

4 pemikiran pada “Lukisan Ajaib, Adobe Photoshop CS5

  1. Ping balik: Bagaimana Mengubah Potret Menjadi Objek Patung Dengan Photoshop | Weddingku Magazine

  2. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Background Biru Dengan Color Range « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s