Eye-Fi Pro X2 – Transfer Gambar nirkabel Dari Kamera ke PC

Alat untuk mentransfer  gambar dari kamera digital ke komputer dengan jaringan nirkabel (Wireless downloading)  memang masih sangat mahal hargannya, namun tahukah Sobat bahwa sekarang dengan harga di bawah $150 Sobat sudah dapat memiliki alat ini? Perkenalkan Eye-Fi Pro X2 (SDHC) adalah kartu (card) yang memiliki perangkat transmitter sehingga  memungkinkan Sobat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan melakukan transfer  dari kamera digital langsung ke komputer Sobat!. Tapi ingat kekurangan dari kartu ini adalah  kartu ini tidak akan dapat bekerja dengan menggunakan adaptor CF (CompactFlash).

 

Ketika kartu Eye-Fi Pro X2 di coba pada kamera Canon G11 hasilnya cukup mengesankan  dengan kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan. Setelah mengikuti petunjuk sederhana untuk menginstal software pada laptop lalu kita install maka alat ini sudah siap untuk terhubung ke jaringan nirkabel, kita akan diminta untuk memberikan informasi jaringan dan password setelah itu Eye-Fi Pro X2 siap digunakan. Jangan lupa untuk memasukan kartu pada kamera Sobat supaya alat ini berfungsi. Selama kamera masih berada dalam jangkauan laptop, secara otomatis gambar yang diambil akan tersimpan pada direktori yang telah ditentukan pengguna di PC/laptop. Kita harus memperpanjang waktu standby pada  pengaturan kamera sehingga kamera tidak akan masuk ke mode “sleep” sebelum menyelesaikan transfer. Hal yang paling menakjubkan adalah transfer ini terjadi setiap kali ada gambar pada kamera yang belum terunduh  dan tentu saja kamera harus dalam keadaan hidup!

Eye-Fi memiliki beberapa model kartu media yang kompatibel dengan berbagai model kamera. Hal terbaik sebelum membeli adalah memeriksa website mereka untuk mengetahui kompatibilitas. Jika Sobat tidak menggunakan file *.raw, atau Sobat menggunakan kartu pada slot media kedua dimana Sobat hanya menyimpan file *.jpg, untuk itu Sobat mungkin dapat menggunakan model yang lain dari versi X2 Pro dan dapat menghemat uang. Namun, jika Sobat ingin mentransfer file *.raw, maka Sobat akan memerlukan X2 Pro karena kartu inilah satu-satunya yang dapat mentransfer files *.raw. Di dalam ruangan jangkauan antara kamera dan PC adalah sekitar 45 kaki dan 90 kaki untuk diluar ruangan.

Jika kamera Sobat memiliki slot SD, kunjungi website  Eye-Fi untuk kompatibilitas. Mungkin saja kamera yang Sobat miliki hanya memiliki jangkauan yang sangat dekat!

Di Amazon Eye-Fi dijual mulai dari $60 sampai $80, klik tautan ini untuk berbelanja di Amazon.com.

 

5 pemikiran pada “Eye-Fi Pro X2 – Transfer Gambar nirkabel Dari Kamera ke PC

  1. Ping balik: Top 10 Ide Hadiah Natal 2011 Untuk Fotografer « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: RED vs Canon: Canon Berubah Haluan Secara Serius Pada Video « Weddingku Magazine

  3. Ping balik: Era Kamera DSLR Terancam Tamat « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s