Unified Color 32 Float Photoshop Plug-in

Hasil yang luar biasa DARI teknik high dynamic range (HDR) telah menarik perhatian kalangan fotografer sehingga melahirkan sejumlah produk software baru yang inovatif untuk para fotografer, seperti software Unified Color, HDR Expose, untuk review klik disini awal musim panas ini. Tapi program-program tersebut berdiri sendiri (tidak masuk kedalam plug-in Photoshop), dan banyak sekali  fotografer yang  begitu nyaman dengan alat yang tersedia dalam Adobe Photoshop sehingga  mereka enggan untuk membeli software yang mengharuskan mereka untuk meninggalkan Photoshop dan membuka program lain.

Untuk fotografer, pengenalan Unified Color dari 32 Float plug-in untuk Photoshop menawarkan solusinya. 32 Float memperluas 32-bit Photoshop toolset yang terbatas dan memungkinkan pengguna untuk melakukan editing gambar dalam area kerja 32-bit. Sementara tool dalam 32 Float identik dengan HDR Expose, 32 Float tidak memiliki kemampuan untuk meng-capture ke gambar HDR 32-bit –Photoshop Merge to HDR atau program HDR lainnya harus digunakan dalam pekerjaan  ini.

Setelah Sobat membuka file 32-bit di Photoshop, Sobat buka 32 Float dari Filter>Unifed Color>pilih menu (paling atas). Gambar Sobat akan dibuka kembali di jendela terpisah. Antarmuka yang hampir identik dengan HDR expose tapi dengan sebuah toolset yang lebih kecil karena tidak perlu menangani fungsi penggabungan gambar.

Kotak dialog Preferensi memungkinkan Sobat untuk memilih pilihan untuk menyimpan hasil karya Sobat sebagai lapisan terpisah dalam gambar asli. Hal ini berguna untuk banyak gambar HDR.

HDR Brightness Histogram menunjukkan dengan lengkap nilai dalam gambar 32-bit. Bagian abu-abu yang lebih terang dari histogram menunjukkan rentang nilai yang akan hadir dalam citra bit yang lebih rendah dengan setting saat ini. Untuk gambar ini, beberapa nilai bayangan pada kurva dan banyak nilai-nilai sorot di sebelah kanan kurva akan dipotong.

Bagian atas tool panel di sebelah kanan didominasi oleh histogram HDR interaktif (di atas). Bantuan visual ini menunjukkan nilai full range dalam gambar 32-bit dengan wilayah abu-abu lebih terang mewakili bagian dari nilai-nilai yang akan hadir dalam gambar 8-bit atau 16-bit (kisaran bit yang lebih rendah). 32 Float akan memberi Sobat tool untuk menyesuaikan gambar sehingga nilai yang Sobat inginkan untuk mereproduksi citra sedikit lebih rendah nilai dalam kisaran abu-abu lebih ringan dari histogram. Preview zoom gambar yang mendominasi pusat antarmuka memungkinkan Sobat untuk melihat efek visual penyesuaian.

Sebuah tool Dynamic Range Mapping memberikan titik awal yang berguna untuk penyesuaian jika gambar Sobat berisi nilai midtone yang baik

Sobat bisa menggunakan tool Brightness / Contrast untuk membuat perubahan besar dalam tonal range dari gambar agar sesuai dengan nilai-nilai 32-bit ke-sampel bagian bawah dari kurva. Berikut hanya menyoroti beberapa value yang sekarang sedang dipotong.

Tool Brightness/Contrast memiliki efek besar pada tonal range. Brightness menyesuaikan range  keseluruhan untuk range area bit yang lebih rendah relatif terhadap nilai 32-bit. Contras menyesuaikan lebar kisaran bit area yang lebih rendah untuk menyertakan lebih dari nilai 32 bit. Penyesuaian ini dapat mengakibatkan haloing di daerah kontras tinggi, sehingga ada tool untuk mengurangi halo dalam toolset yang sama (halo reduction tool). Ada juga slider kontras lokal untuk membawa kembali kontras yang hilang di midtones.

Tool Shadow /Highlight memungkinkan Sobat untuk menyimpan informasi highlight dan shadow pada bit terakhir jika Sobat memutuskan untuk melakukannya.

Perubahan halus pada gambar dapat terlihat di histogram yang  tersedia dengan tool Shadow/Highligt. Slider di toolset ini dapat memasukan atau menghilangkan informasi di daerah masing-masing. Tersedia juga tool untuk mengurangi halo (halo reduction) dan local contrast.

Tool Veiling Glare digunakan untuk menghilangkan “kabut” diciptakan dengan menggabungkan beberapa gambar dalam software HDR. Tool Ini bekerja hampir sama dengan pengaturan titik hitam  (black point) dalam software Imaging konvensional.

Photoshop tidak memiliki teknik untuk menyesuaikan white balance dalam gambar 32-bit, tapi 32 Float menawarkan tool unik ini. Sobat dapat menetapkan suhu warna atau memindahkan spot di sekitar warna kuning-biru/hijau-magenta untuk menemukan white balance yang baik.

Tool Veiling Glare pada dasarnya hanya menetapkan titik hitam di area gambar, dengan tambahan slider untuk mengatur tingkat hitam atau abu-abu. Juga tool White Balance berguna untuk Kelvin setting dan warna persegi kuning-biru/hijau-magenta untuk visual penyesuaian white balance. Ada juga sebuah toolset Saturation yang memungkinkan penyesuaian warna individual maupun saturasi secara keseluruhan.

 

Tool yang paling menarik adalah Color Tuning. Sobat dapat memilih penyesuaian warna hingga tiga warna yang berbeda. Di sini saya telah menargetkan bunga berwarna kuning. Kita bisa mengubah warna dalam rentang yang ditampilkan di dalam kotak, tapi gambar diatas hanya mencerahkannya, dengan penyesuaian EV 1,50.

Tool yang paling menarik yaitu Color Tunning toolset. Dengan tool tersebut, Sobat dapat menyesuaikan warna hingga tiga warna tertentu atas berbagai warna dan kecerahan. Dengan menggunakan Color Tuning, kita mencoba mencerahkan value bunga brittlebush kuning dan mengubah warna langit. Dengan contoh gambar lain, mungkin ini akan sangat berguna untuk  menghilangkan warna kuning yang selalu ditemukan pada dedaunan dalam gambar HDR.

Namun, bahkan dengan semua alat-alat ini, kita tidak dapat menciptakan gambar akhir dengan dampak bahwa kita telah menggunakan set yang sama dengan gambar awal dalam program HDR lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh pembuatan awal dari gambar HDR 32-bit di CS5, atau kurangnya jangkauan atau penyesuaian di 32 Float. Namun demikian, 32 Float memberikan seperangkat alat canggih untuk menyesuaikan gambar HDR 32-bit, atau gambar 32-bit lainnya yang Sobat buat. Tidak seperti program HDR lainnya yang menciptakan citra 32-bit kemudian men-downsample ke 16 bit untuk penyesuaian, semua penyesuaian dalam 32 Float dilakukan di ruang 32-bit. Software ini menjadi alat yang berharga untuk fotografer toolbox.

Ini adalah contoh 8-bit down sampel yang berasal dari gambar 32-bit HD,  ini dibuat dari lima foto asli dengan menggunakan Photoshop CS5 Merge to HDR.

Ini adalah hasil akhir dari penggabungan setelah menerapkan penyesuaian dalam 32 Float.

32 Float dibandrol dengan harga US $99 (US $79 merupakan harga  khusus yang berlaku sampai tanggal 30 September 2010) di unifiedcolor.com . Sobat dapat men-download full software untuk  30 hari free trial. Kunjungi website untuk melihat video tutorial, manual download dan untuk menemukan informasi lebih lanjut.

SYSTEM REQUIREMENTS:

OS: Intel-based Mac OS 10.5 (Leopard) or 10.6 (Snow Leopard), 32-bit or 64-bit Windows (XP, Vista, Windows 7).

Adobe Photoshop: Requires CS3, CS4 or CS5 (Note: 32 Float will not work with Photoshop Elements).

CPU: Dual-core 2.0GHz minimum; quad-core, 2.8GHz is recommended for best performance.

RAM: 2GB minimum, recommend 4GB.

Video: Recommend 128M video memory minimum.

Sumber: www.ppmag.com

 

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s