8 Tips untuk Melindungi File Gambar Digital

Dengan munculnya fotografi digital dan flash memory, beberapa masalah baru mulai berevolusi untuk para  fotografer. Untuk itu saya akan memberikan 8 Tips agar file gambar Anda tidak rusak atau hilang dan ini berhubungan sekali dengan kartu memory flash,

1.      BACK UP GAMBAR! Lindungi diri Sobat dan gambar penting Sobat dengan cara mem-back up ke CD / DVD, kaset, penyimpanan online atau hard drive eksternal. Ini akan membantu mencegah kehilangan data saat hard drive crash (rusak) secara tiba-tiba.

2.      TRANSFER FOTO. Salin file gambar dari flash memori kamera ke hard drive komputer sesegera mungkin. Saya menyarankan untuk tidak menghapus gambar atau memformat kartu memori saat masih di dalam kamera. Tunggu sampai semua foto ditransfer dan diverifikasi.

3.      IKUTI PETUNJUK. Berhati-hatilah ketika menghapus memori flash dari kamera atau kartu pembaca. Hindari menghapus atau merusak gambar dengan menggunakan perintah eject di komputer atau memindahkan ikon kartu dari desktop ke tempat sampah (recycle bin) sebelum fisik mengeluarkannya.

4.      VERIFIKASI TRANSFER. Buka gambar pada hard drive sebelum memformat kartu.

5.      BUAT LEBIH DARI SATU COPY. Back up Kembali back-up-an Sobat dan simpan duplikat tersebut di luar kantor atau di lokasi yang aman.

6.      LINDUNGI  KARTU MEMORY FLASH. Gunakan dudukan plastik (plastic holder) saat membawa kartu memory dalam perjalanan. Penumpukan debu statis dapat merusak kartu dan membuatnya tidak terbaca. Ada bahaya lain, seperti Sobat menyimpan kartu di saku pakaian, dan lupa hingga tercuci bersama dengan pakaian Sobat.

7.      GANTI KARTU MEMORY FLASH SOBAT. Biasanya flash memory card dapat digunakan sekitar 1.000 kali sebelum mulai usang.

8.      HINDARI SUHU EKSTRIM,. Panas dingin dan kelembaban dapat mendatangkan malapetaka pada peralatan digital, terutama memori flash

OK Sob, sekarang sudah tahu kan bagai mana melindungi file Sobat, Mencegah lebih baik daripada membetulkan Lho!😀

flash memory

 

 

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s