Bagaimana Menghargai Tugas Komersil Anda?

Ide Untuk Selalu Diingat Ketika Akan Menghargai Jasa Seorang Photographer.

Untuk menjadi seorang photographer yang komersil (menghasilkan), bukan hanya masalah waktu yang Sobat butuhkan tapi salah satu faktor yang sangat penting adalah kesediaan Sobat untuk selalu siap ketika ada seseorang yang membutuhkan jasa Sobat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika Sobat akan memberikan harga dari jasa Sobat:

  • Menetapkan biaya untuk awal Photography, bisa tingkatan hari, biaya kreatif, biaya tugas tertentu atau tarif per jam.
  • Menghitung biaya Sobat per minggu / hari / jam untuk berada dalam bisnis. Ingat untuk menyertakan hal-hal seperti pensiun, asuransi kesehatan, keuntungan (laba) dan kerugian. Setelah Sobat menetapkan biaya-biaya ini, maka biaya inilah yang akan menjadi tanggungan Sobat dan Sobat harus betul-betul bertanggung jawab.
  • Andapun harus menghitung biaya yang  dikenakan dalam menyelesaikan tugas, seperti film, pengolahan, akomodasi perjalanan, jarak tempuh, mengoptimalkan gambar (editting/retouching), dan biaya pengiriman.
  • Biaya untuk seberapa sering dan di mana Sobat mengambil gambar (memotret). Apakah Sobat perlu untuk mempublikasikannya?. Untuk brosur dan katalog, berapa banyak yang akan dicetak?. Namun sekarang publikasi melalui internet sangat mudah dan murah contohnya blog ini.
  • Liesensi apa yang akan Sobat gunakan, apakah lisensi pribadi atau lisensi yang sudah terkenal di dunia? Seperti PPA (Profesional Photographers of America) dan WPPI (Wedding and Potrait Photographers International) yang tentu saja membutuhkan dana tidak sedikit. (Satu hal yang tidak bisa ditawar adalah hak cipta. Jangan pernah menjual hak cipta Sobat),
  • Luangkan waktu untuk bekerja secara serius, dan biarkan klien Sobat tahu bahwa Sobat akan kembali kepadanya dalam waktu cepat (lakukan proses dengan cepat untuk menambah kepercayaan klien)

Oleh: Sovian choeruman

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s