Phase One 645DF

Rupanya Phase One / Mamiya / Schneider group memutuskan bahwa Mamiya 645 dibutuhkan pembaharuan body agar lebih efisien dengan menggabungkan teknologi terbaru, sehingga lahirlah Phase One 645DF dan adik nya, Mamiya 645DF. Sementara kedua produk ini memiliki kemiripan dalam hampir segala hal, apabila Anda pengguna Phase One P40+ atau P60+ maka Phase One 645DF mungkin akan lebih cocok untuk Anda.

Sementara Phase One 645DF menawarkan perbaikan secara signifikan dari generasi sebelumnya 645, hanya satu kekurangan dari produk ini adalah ketidakmampuan untuk meningkatkan kualitas film dari kamera.

Sementara kompatibilitas dengan film di bagian punggung hilang, kompatibilitas di daerah lain ditingkatkan. Tidak seperti kamera terbaru Hasselblad, Phase One 645DF masih merupakan platform terbuka. Hal ini berarti bahwa apabila ada masalah dengan tubuh DF, Anda dapat meminta untuk diperbaiki dan Anda bisa menggunakan bodi cadangan atau menyewa  sampai ia mengembalikan DF yang bermasalah tersebut. Ini juga berarti bahwa Anda dapat menyusun Phase One atau Leaf digital mana saja yang kompatibel dengan tubuh Mamiya di DF. Sebagai tambahan, karena sekarang Leaf termasuk kedalam Salah satu perusahaan Phase One, Anda bahkan dapat menggunakan Software Capture One untuk Leaf.

Phase One 645DF

Sekilas Phase One 645DF terlihat identik dengan Phase One sebelumnya yaitu Phase One645, tapi banyak perubahan yang telah dibuat, beberapa di antaranya sangat penting bagi fotografer profesional.

Phase One, Medium-format, Mamiya, lensa Leaf (kiri) memang lebih besar daripada non-Leaf Phase One 80mm f/2.8 (kanan). diameter Filter lensa LS lebih besar juga.

Walaupun ada sedikit perbaikan banyak di DF, yang paling terlihat adalah kemampuan untuk menggunakan baris baru lensa Leaf. Tidak lama lagi lensa LS Schneider 80mm f/2.8 akan bergabung dengan LS 55mm f/2.8 dan 110mm f/2.8 LS. Lensa 55mm dan 80mm ini adalah desain optik baru dari Phase One, untuk mengupgrade ke digital imaging persyaratannya sesuai dengan Phase One. 110mm adalah tambahan baru untuk baris lensa Phase One. kinerja optik dari 80mm LS sangat baik, kita bisa melihat ada perbedaan antara gambar yang dishot dengan 80mm LS dan yang dishot dengan non-LS 80mm.

Mengubah lensa dari shutter lensa fokus ke shutter lensa Leaf sepenuhnya terbuka kepada para pengguna. Tubuh DF secara otomatis mendeteksi jenis lensa. Rana lensa fokus memiliki kontrol kecepatan shutter dari 60 menit ke 1,3 detik (termasuk Pijaran dan Waktu) dari 1/1,000-1/4,000 detik. Dari satu detik untuk 1/800 detik shutter (rana) Leaf yang memegang kendali. Semua ini otomatis, dengan LS atau FS ditampilkan pada LCD yang sesuai. Ada fungsi Kustom untuk secara permanen menugaskan shutter baik untuk  bidang fokus atau shutter Leaf.

Phase One 645DF

Layar LCD pada pegangan menyajikan banyak informasi dalam ruang kecil.
Simbol LS (Leaf Shutter) di bawah kecepatan shutter 125 menunjukkan bahwa lensa shutter Leaf akan mengontrol waktu bukaan.

Semua lensa LS menawarkan kecepatan keseimbangan flash 1 / 800 detik. Dan dengan Phase One terbaru yaitu Phase One P40+ atau  P60 +, ataupun Phase One versi sebelumnya yang telah ditingkatkan, keseimbangan kecepatan diturunkan menjadi 1/1, 600 detik. Itupun, jika sistem flash Anda dapat mengirimkannya.

Phase One 645DF

Atas Kiri: Tanpa flash, eksposur latar belakang adalah 1/800 detik pada f / 8 pada ISO 50.

Atas Kanan: Menggunakan MultiMAX PocketWizard di Mode Cepat (Fast Mode) sebagai pemicu nirkabel untuk Nikon SB-900  diperbesar ke 105mm kita bisa melihat wajah model terlihat lebih terang dan membiarkan sisanya jatuh ke eksposur.

Bahkan menghubungkan kamera ke flash dengan kabel penyeimbang (sync) tidak menjamin hasil jepretan Anda bagus. Tentu, Anda akan mendapatkan sebuah gambar, tapi  durasi flash penuh akan lebih pendek dari Eksposur  1/800 detik, dan keseimbangan warna pasti akan berantakan. Jadi sebelum Anda mengandalkan kecepatan shutter yang tinggi, uji alat Anda terlebih dahulu. Sementara itu, Phase One bekerja pada solusi mereka sendiri untuk melakukan sinkronisasi kecepatan tinggi.

Perubahan penuh lainnya. Jika Anda pernah memotret dengan kamera Mamiya 645, Anda akan melihat secara signifikan peningkatan  kecepatan autofocus dengan DF. Anda juga akan melihat perubahan yang signifikan pada pilihan Exposure Mode Dial. Anda sekarang dapat memprogram tiga pengaturan kustom dengan kombinasi logis dari fungsi Custom. Daftar fungsi Custom telah dipangkas menjadi 19 pada DF dan di sinilah P40 + P60 + dan pengguna dengan update firmware terbaru memiliki keuntungan. Anda dapat menggunakan punggung lensa untuk mengatur fungsi Custom! Lebih banyak fungsi ditampilkan pada punggung lensa daripada singkatan yang kurang jelas pada LCD kamera.

Phase One 645DF

Salah satu perubahan signifikan terhadap dial Mode Eksposur adalah kemampuan
untuk memprogram dan langsung memperoleh tiga pengaturan Kustom dengan kombinasi
dari 19 fungsi kustom. Di sini,pengaturan Custom C3 untuk pengguna  diprogram dengan kilatan sync 1/100 detik pada f/11 dengan daerah pusat pengukuran
autofocus dan spot autoexposure.
Icon Baterai menunjukan bahwa Baterai masih penuh.

Salah satu perubahan ke Exposure Mode Dial adalah penghapusan kunci dari pusat. sekarang untuk memindahkan tombol/posisi ke keadaan off pada pengaturan  Custom pada saat akan menangkap moment yang penting akan sedikit susah, dan kemungkinan moment penting tersebut akan hilang. Untuk itu pastikan pengaturan Custom dalam keadaan off agar terhindar dari hilangnya moment yang paling penting tersebut.

Untuk pemotret studio, Live View meningkat secara signifikan, baik dalam pengaturannya pada kamera ataupun pada software Capture One. Yang menarik adalah ketersediaan Live View untuk Windows. Anda harus berhati-hati dan mengikuti petunjuk untuk menggunakan Live View dengan tubuh DF dan P40+ atau P60+ backs.. Meskipun kelihatan lebih mudah, namun ada sesuatu yang telah berubah.

Phase One 645DF

mode Live View dengan kamera DF, 120mm f / 4 Phase One macro  dan Capture One PRO v5.1.


Phase One 645DF 7

View Live sekarang tersedia untuk Windows, seperti yang ditunjukkan di atas. Antarmuka antara Mac dan Windows sama, namun telah berubah dari antarmuka Mac yang sebelumnya. Sebuah perubahan besar adalah kemampuan untuk memperbesar ke jendela preview untuk memeriksa fokus utama bukan di jendela terpisah yang lebih kecil. Kualitas pratayang juga tampak lebih baik dari sebelumnya.

Phase One 645DF 8

Software Capture One terus meningkatkan performanya, dengan lebih banyak tool dan pengaturan fine tune gambar Anda.

Phase One 645DF 9

Salah satu perbaikan halus di DF ini berguna ketika Anda perlu menghilangkan getaran sebanyak mungkin, seperti di sini di close-up sebuah bunga  lupine. The DF memungkinkan Anda untuk menggunakan timer otomatis sebagai alat eksposur delay. Dengan dial rilis di Cermin posisi  bagian atas, Anda dapat mengatur timer otomatis untuk menunda pemaparan dari 0,5 detik sampai 60 menit dari waktu Anda melepas tombol shutter. Foto di atas di shot (di potret) dengan 5 detik delay untuk 1/20 detik eksposure pada f/11 dan ISO 50 untuk underexpose latar belakang. Pemotret memakai flash kamera ke cahaya bunga, sehingga perlu waktu untuk mendapatkan flash dalam posisinya untuk mengurangi/menghilangkan getaran. Nah, bagaimana dengan lensa shutter Leaf makro untuk menghilangkan getarannya?

Kamera Phase One DF disediakan untuk fotografer profesional dengan sebuah platform terbuka yang sekarang dapat memenuhi semua kebutuhan mereka dalam format sistem digital media, termasuk kemampuan untuk flash sync pada kecepatan rana yang tinggi. MSRP untuk Kamera DF (body/badan saja) dipatok harga $ 5.990 dan LS Schneider 80mm f/2.8 lensa seharga $2.490. Ketika barang ini telah tersedia, MSRP LS 55mm f/2.8 lensa Schneider dengan harga $ 3.490 dan LS 110mm f/2.8 lensa Schneider dengan harga $ 3.990. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi wesite Phase One di www.phaseone.com

Sumber : stansholik.com

Satu pemikiran pada “Phase One 645DF

  1. Ping balik: Menggabungkan Foto Untuk Menghasilkan Gambar Sempurna « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s