Pencahayaan dan Lensa Dalam Fotografi

Pencahayaan dan lensa?, dua element inilah yang paling penting dalam dunia fotografi untuk mendapatkan foto-foto luar biasa, untuk sebagian besar fotografer pemula, kedua hal inilah yang paling banyak dipelajari.

“Melihat dari belakang” oleh Yosa Fiandra | EXIF: f3.5 1/8 iso800

“Melihat dari belakang” oleh Yosa Fiandra | EXIF: f3.5 1/8 iso800

Dalam fotografi untuk mendapatkan foto yang baik kuncinya adalah pencahayaan.Tentu di era digital ini Photoshop dan Lightroom 4 dapat membantu Sobat untuk membuat foto yang biasa saja dapat terlihat lebih baik, namun untuk mendapatkan foto yang luar biasa dan mendapatkan foto dengan kualitas tinggi secara konsisten dengan tujuan komersial, Sobat harus benar-benar menjadi ahli pencahayaan.

Misalnya-untuk memotret outdoor atau landscape, Sobat harus menunggu di lokasi pemotretan, kadang-kadang selama berjam-jam, hanya untuk mendapatkan cahaya yang tepat. Tidak jarang harus merambah hutan atau memanjat tebing yang terjal. Begitupun untuk pemotretan indoor seperti fashion, Sobat jangan hanya merasa puas dengan tiga atau lima point lighting, tetapi terus mencoba teknik pencahayaan baru untuk mendapatkan gambar sesuai dengan yang Sobat harapkan.

Jika pelukis menggunakan catnya untuk mendapatkan lukisan maka fotografer menggunakan cahaya untuk mendapatkan foto yang luar biasa. Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat memang butuh ketelitan sehingga terkadang membosankan, hal inilah kenapa beberapa fotografer malas mempelajarinya. Read the rest of this entry

EVENTS: Photo Hunting Metropolitan Girls

Event  Metropolitan Girls

Komunitas Photographer Bandung Selatan berkerjasama dengan Fotogafer Model

mempersembahkan

PHOTO HUNTING
METROPOLITAN GIRLS

yang akan di laksanakan pada :
hari : minggu 23 November 2014
Waktu : 11.00 Wib – selesai
Lokasi : MIKO MALL KOPO BANDUNG
Registrasi : Rp. 30.000,-

yang akan menampilkan model model profesional dari Bandung dan Medan

-Thara Dytha (medan)
-VaNova (bandung)
-Nella SR (bandung)
-Tiara Mutiara (bandung)

serta di isi dengan workshop yg bertema
“SOFT n HARD LIGHT”
oleh Bpk. Irwan K Tanusondjadja.

mari kita ramaikan event ini demi meningkatkan kemampuan kita serta mempererat tali silaturahmi.
terima kasih.

Contact Person

- LILO 0813 9451 4747
– INDRA 0878 6751 4973

https://www.facebook.com/groups/photographerbandungselatan/

SIMPLY HOMY Guest House – Sensasi Hotel Berbintang

Sobat lagi bingung cari hotel yang murah dan nyaman di Bandung? Kalau bingung, WM mau ajak Sobat untuk menginap di Simply Homy Guest House, yup hotel dengan slogan “Sensasi Hotel Berbintang “kini hadir di Kota Bandung. Simpl Homy tidak seperti hotel pada umumnya, jika Sobat menginap di hotel ini Sobat akan merasa di rumah sendiri. Karena tidak seperti hotel dengan gedung pencakar langitnya Simply Homy menawarkan sensasi rumah yang bisa Sobat pilih di berbagai sudut Kota Bandung .

Simply Homy-Pondok Hijau

Simply Homy-Pondok Hijau

Read the rest of this entry

Prewedding Kawah Putih-Tarif Mahal Fasilitas Minim

Kawah Putih From Top by Sovian Ch.

Kawah Putih From Top oleh Sovian Ch.

Kawah putih, siapa yang tidak tahu kawah putih? Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan domestik hingga manca negara. Apalagi setelah sering dipakai syuting untuk film-film layar lebar, salah satu tempat wisata yang ada di Bandung Selatan ini pun semakin ramai pengunjung.

Tempat yang memiliki pemandangan unik karena batu kapurnya dan air belerang yang berwarna putih, sehingga pengunjung seperti terbius serasa ada di dalam mimpi. Pernahkah Sobat memotret prewedding disana?

Baiklah, WM mau memberikan sedikit info untuk Sobat-sobat yang mau melakukan pemotretan prewedding disana, karena kemarin WM baru saja melakukan pemotretan prewedding klien dari Makasar di Kawah Putih, semoga info ini bermanfaat. Read the rest of this entry

5 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Mengambil Gambar Yang Lebih Baik

fotografi Skill!” Atau, “kelas fotografi.” Ini adalah istilah pencarian paling banyak di mesin pencari untuk mencari cara bagaimana mengambil gambar yang lebih baik.
Sebenarnya, tidak ada yang kurang dari seorang yang memiliki fotografi skill, namun tidak semua orang yang memegang kamera digital ini seseorang yang jenius dan kreatif, tidak semua dari mereka juga menjadi ahli karena melalui kelas fotografi. Ada beberapa hal yang dapat Sobat lakukan untuk meningkatkan keterampilan fotografi dan kemampuan Sobat.

Cocotom Maker by Sovian Choeruman

Cocotom Maker by Chen

Berikut adalah 5 hal yang dapat Sobat pilih untuk mengambil gambar yang lebih baik. Read the rest of this entry

Baby Cute Magazine Template uk. 20×30

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

thanks to Liem Photography-Jakarta

PREWEDDING UNDERWATER by Alexander Septiardi

JKita tahu bahwa setiap akan melangsungkan sebuah pernikahan, kadang kadang kita selalu dibingungkan dengan sebuah kenang kenangan dari sebuah momentum dari sebuah kehidupan atau yang biasa kita lakukan adalah foto prewedding. Banyak konsep yang ditawarkan dari mulai vintage, modern dan lain sebagainya, spot pemotretanpun banyak sekali dari mulai alam pedesaan, gedung tua dan lain sebagainya. Mempelai kadang kadang kepingin “ something deffrent “ , dari sekian banyak konsep dan spot yang ditawarkan untuk mengeksekusi foto preweddingnya. Read the rest of this entry

SEBERAPA TANGGUHKAH KAMERA DSLR SOBAT?

Tentu saja itu tergantung dari seri kamera yang Sobat punya, semakin mahal harga sebuah kamera tentu saja akan semakin tangguh, tetapi biar tidak penasaran mari kita lihat dalam video berikut ini dimana Kamera Canon 7D, sebuah kamera Canon menengah tingkat atas menjadi sasaran beberapa test ilmiah untuk mengetahui ketangguhan kamera tersebut:

Kamera dimasukkan ke dalam sejumlah tes:

  • Pertama ditabrak berulang kali oleh sebuah kendaraan, sehingga terjadi beberapa goresan
  • Tes berikutnya, kamera dimasukan ke dalam kantong di kursi roda dan didorong kebawah tempat curam. Hasil akhirnya adalah lensa terputus, namun kamera masih bekerja dengan sempurna.
  • Selanjutnya kamera ditempatkan dalam freezer semalaman hingga beku. Untuk menghancurkan es bahkan ditembak berulang kali dengan senapan angin. Es telah berhasil masuk ke body tetapi dengan menempatkan kamera dalam air suling kemudian di masukan kedalam oven yang panasnya sangat rendah, tim berhasil menghidupkan kembali 7D yang beku tersebut
  • Tes akhir, rencananya untuk menghapus beberapa kondensasi di viewfinder,. Kamera dibakar beberapa menit hingga gosong, namun saat lensa dipasangkan pada kamera, kamera ini masih dapat menghasilkan gambar yang baik.

Seberapa tangguh kamera

Jadi, seberapa tangguhkah kamera Sobat? Mungkin cukup sulit kalau harus mengikuti tes diatas. Sekedar saran saja, jangan coba tes yang gila ini di rumah…hehe!

 

Sumber: http://www.Picturecorrect.com

 

Komunitas Photographer Bandung Selatan Dalam Festival Mahakarya Dji Sam Soe 2014

KP-BS (Komunitas Photographer Bandung Selatan) – kembali mengadakan pameran fotografi yang bertema “Bandung Selatan” tanggal 31 Agustus 2014 kemarin, dimana kali ini KP-BS bekerja sama dengan Dji Sam Soe dalam Festival Maha Karya Dji Sam Soe 2014 di lapangan Upakarti Soreang Kab. Bandung.

opening pameranSelain pameran foto, KP-BS juga mengadakan workshop mengenai “Smartphone Photography” yang dibawakan oleh kang Nugroho Isryanto atau lebih dikenal dengan Kang Nunu (salah seorang asisten Angin Photography), dan “Back to Basic, Improve Your Lighting Skill” oleh kang Irwan K.Tanusondjadja. Read the rest of this entry

Tips Fotogarfi Cahaya Rendah/Low Light Tanpa Menggunakan Flash

Memang betul ya Sob, betapa sedikit yang diketahui tentang fotografi cahaya rendah/low light dan mengapa banyak gambar yang hancur ketika lingkungannya terlalu gelap. Bahkan banyak orang yang rela membeli kamera mahal agar masalah low-light ini terpecahkan. Namun apakah solusi itu benar-benar memecahkan masalah itu? WM rasa tidak!

"Sunset di St.Petersburg" oleh Natalia Kryzhanovskaia

“Sunset di St.Petersburg” oleh Natalia Kryzhanovskaia

Yang paling penting adalah memahami kenapa hasil jepretan kita bisa terlihat buruk pada cahaya rendah. Pada artikel kali ini, WM akan sedikit berbagi ilmu yang didapat dari fotografer profesional untuk memahami mekanika pada fotografi cahaya rendah dan mencari solusi sederhana untuk masalah ini. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kita bisa memotret dalam cahaya rendah sekalipun tanpa menggunakan flash.

  1. Memahami Mengapa Foto Menjadi Jelek Dalam Cahaya Rendah

Cahaya sangat diperlukan dalam fotografi. Sebagai contoh adalah ketika Sobat memotret anak-anak yang sedang bermain di halaman rumah di pagi hari yang cerah, hasil jepretan-nya terlihat luar biasa kan? Itu karena pagi hari yang cerah kaya akan cahaya, dan cahaya matahari pagi adalah cahaya natural yang baik untuk fotografi, Mungkin kelihatannya tidak ada masalah dalam hal ini.

Tapi bagaimana jika Sobat memotret di dalam ruangan yang gelap, seperti ruangan dengan lampu redup atau ruangan yang hanya ada penerangan lilin? Mungkin gambar akan terlihat kabur dan jelek. Hal ini terjadi karena terlalu sedikit cahaya masuk ke kamera. Apa yang kita butuhkan untuk mendapatkan gambar yang bagus adalah harus lebih banyak cahaya yang masuk ke kamera – itulah kenapa kita selalu menggunakan flash light!

Tapi tunggu … dengan flash light, subjek terlihat lebih terang. Sehingga subjek terlihat terlalu menonjol dibandingkan dengan yang lainnya.

Jadi apa yang akan Sobat lakukan? Mari kita asumsikan Sobat ingin menghindari cahaya keras dari flash dan berniat untuk tidak menggunakannya. Bagaimana Sobat bisa mendapatkan banyak cahaya untuk mendapatkan gambar yang baik dan jelas? Nah, solusinya adalah dengan ISO.

Foto yang diambil oleh Don Heffern II

Foto yang diambil oleh Don Heffern II

  1. Memahami ISO

Apa itu ISO?. ISO adalah ukuran sensitivitas kamera terhadap cahaya (Baca Mengenal ISO Dalam Fotografi). Dulu, sebelum kamera digital hadir ditengah-tengah kita, Senior fotografer analog jika ingin film yang lebih peka cahaya, mereka benar-benar harus mengganti film pada kamera sebelum mereka melakukan pemotretan. Mungkin diantara Sobat-sobat masih ada yang ingat dengan hari-hari itu?

Hampir semua kamera digital memiliki ISO. Dan biasanya ISO didefinisikan dalam kisaran ratusan 100, 500, 800, dll

Dan inilah aturan penting yang harus diingat. ISO yang tinggi pada pengaturan kamera memungkinkan lebih banyak cahaya yang akan diambil pada sensor kamera. Ini dapat memecahkan masalah low light yang Sobat hadapi. Namun, kelemahan menggunakan ISO ini adalah gambar yang ditangkap kamera Sobat akan mendapatkan peningkatan noise. Sehingga hasil jepretan Sobat menjadi sedikit kasar.

Apa artinya ini bagi mereka yang memotret di cahaya rendah dan tidak ingin mengaktifkan flash? Yah, jelas – mendongkrak ISO maksimal. Sobat akan mendapatkan beberapa gangguan pada hasil jepretan – tapi hari ini, kita dapat memanfaatkan software pengolahan digital untuk memperbaikinya.

3 Tips lain Untuk Memotret Cahaya Rendah

Singkatnya, untuk memotret dengan lebih baik dalam kondisi cahaya rendah tanpa menggunakan flash,yaitu mengatur setting ISO ke bagian yang lebih tinggi dari jangkauan. Juga, mengatur kamera ke Aperture Priority dan menetapkan f-stop yang memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera (aperture besar). Hal ini juga membantu Sobat untuk memotret dalam mode RAW sehingga Sobat dapat menangkap detail maksimal dalam pemotretan (tidak ada kompresi pada gambar yang diambil).

"Stay Connect" ditangkap oleh nikon ian

“Stay Connect” oleh nikon ian

Dan inilah trik untuk menghilangkan noise yang dihasilkan dari ISO tinggi – yaitu menggunakan software seperti Noise Ninja untuk memperbaikinya. Noise Ninja sangat efektif dalam mengurangi noise pada gambar. Kalau Sobat butuh Noise Ninja, boleh hubungi saya :)

Jadi sekarang Sobat tidak perlu ragu lagi memotret dengan ISO tinggi pada cahaya rendah. Selamat mencoba!

Sumber: photographyschool.com