3 Cara Mempertajam Foto


Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memotret  adalah format gambar yang akan Sobat gunakan. Jika Sobat telah men set kamera digital Sobat dengan format JPEG, kemungkinan Sobat akan mendapatkan gambar dengan kualitas yang kurang bagus karena kompresi gambar, dengan begitu akan sangat sulit sekali untuk menajamkan gambar hasil jepretan Sobat walaupun mungkin bisa diakali. Namun, jika Sobat memilih menggunakan format RAW, mungkin saja gambar-gambar Sobat dapat dipertajam, namun ini memakan kapasitas yang cukup besar pada memory.

Jika Sobat ingin hasil jepretan Sobat terlihat lebih tajam (sharp), mungkin 3 cara mempertajam foto dibawah ini bisa jadi solusi

 

1. Unsharp Mask

Jika Sobat seorang photoshoper mungkin tools yang satu ini sudah tidak aneh bukan?, Unsharp Mask adalah tools umum yang ada dalam banyak program pengeditan foto, termasuk Adobe Photoshop Elements dan Corel Paintshop Pro . Biasanya, ketika Sobat menerapkan Unsharp Mask, Sobat dapat mengontrol 3 faktor – Amount, Radius dan Threshold:

  • Amount – ini mengacu pada intensitas ketajaman
  • Radius – ini merujuk pada jarak penajaman yang  terjadi di sekitar pixel
  • Threshold – mendefinisikan ketika ketajaman mulai terjadi pada dua titik yang berbeda dalam kecerahan (brightness)

Cobalah pelajari ketiga faktor tersebut dengan melihat hasil sebelum dan sesudah menggunakan tools ini, namun perlu diingat untuk mempertajam foto janganlah terlalu berlebihan karena jika foto terlalu tajam akan muncul garis tebal pada tepi objek Sobat.

2. Smart Sharpen

Alat lain yang bisa Sobat gunakan untuk mempertajam foto adalah Smart Sharpen, dalam Adobe Photoshop, tools ini tersedia sebagai pilihan pada filter sharpen, pada software pengolahan foto lainnya-pun (misalnya Corel Paintshop Pro) memiliki tools ini namun dengan nama yang berbeda.

Pastikan sharpening atau penajaman foto sebagai langkah terakhir dalam alur editing foto, itu berarti Sobat harus terlebih dahulu membersihkan gambar, menyesuaikan warna, tone, kecerahan, dll. Jika itu foto Sobat sudah terlihat lebih baik maka Sobat bisa menggunakan Smart Sharpen ini untuk mempertajam foto.

Yang menyenangkan dari tools Smart Sharpen adalah bahwa tools ini dapat memilih opsi paling tepat untuk mempertajam foto Sobat.

3. Advance Sharpening Tools

Jika Sobat  telah menggunakan plug-in Photoshop Lightroom atau Adobe Camera Raw untuk Photoshop, Sobat akan menyadari bahwa program ini memberi sobat kelebihan dalam hal mempertajam foto. Algoritma untuk mempertajam pada Photoshop Lightroom dan Photoshop jauh melampaui apa yang Sobat lihat pada paket sederhana seperti Photoshop Elements dan Corel Paintshop Pro. Bahkan, tools-tools dalam Photoshop Lightroom begitu baik sehingga WM sarankan Sobat harus memiliki plug-in ini jika Sobat serius akan berkecimpung di dunia foto.

Juga, inilah rahasia yang jarang bahkan kurang dikenal pada Photoshop Lightroom. Tekan Alt (PC) atau Option (Mac) untuk  menyesuaikan salah satu slider dan sharpening (penajaman) muncul dalam warna hitam-putih, yang jauh lebih mudah untuk dilihat. Jika Sobat sudah menggunakan Adobe Lightroom ini, Sobat akan tahu bahwa tips ini sangat membantu.

Ada beberapa software yang cukup bagus untuk mempertajam foto, diantaranya adalah Nik Software Sharpener Pro. Algoritma penajaman dalam paket ini sesuai dengan yang di Photoshop Lightroom dan Sobat dapat meliaht tampilan sebelum dan sesudah sebelum mengeksekusi hasil pengaturan Sobat.

Video Tutorial :

Gunakan filter Unsharp Mask untuk memperoleh ketajaman secara penuh. Ingatlah untuk menggunakan Layer Masker!

 

Kesimpulan

Singkatnya, sharpening (penajaman) adalah prosedur umum dalam workflow foto. Namun, untuk memastikan bahwa gambar tajam Sobat terlihat baik. Jika Sobat sudah mahir, Sobat harus mencoba menggunakan tools seperti Adobe Photoshop Lightroom, Adobe Camera Raw plug-in untuk Photoshop, serta Nik Software Sharpener Pro – yang semuanya memiliki algoritma penajaman sangat baik.

Selamat mencoba !

About Sovian Choeruman

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Posted on 11 Mei 2012, in Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. trimakasih untuk artikelnya
    sangat membantu
    sukses slalu
    JLOU ^_^

  2. saya suka dengan posting ini ditail dan jelas,,. sukses wt admin

  3. gan, gak ada photoshop cs3 ya ?, kalo ada bagi dong :)

  4. mantap tutorialnya jadi pengen coba secepatnya…..

  5. hehe.. terimakasih tipsnya langsung saya praktekan.. :)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s