FUNGSI PAYUNG PADA PHOTOGRAPHY

Weddingku Magazine – “Sedia payung sebelum hujan”, pribahasa itu sering Sobat dengar kan? Namun bukan payung itu yang akan kita bahas sekarang,tapi Payung khusus untuk fotografer yang mungkin Sobatpun sudah tidak asing lagi. Payung ini membantu para fotografer dalam aspek pencahayaan fotografi terutama untuk pemotretan di dalam ruangan.

Payung adalah alat yang dapat membantu bagi Sobat yang serius dalam dunia fotografi. Secara khusus, payung ini membantu Sobat dalam mendapatkan gambar yang profesional. Dengan menggunakan payung cahaya akan menyebar sehingga memungkinkan Sobat untuk mencapai pencahayaan lembut dalam gambar Sobat. Jadi, payung tidak membiarkan cahaya secara langsung untuk fokus pada subjek, tetapi payung memantulkan cahaya dan menyebarkannya. Hasilnya adalah gambar yang lebih jelas dengan bayangan lembut atau tidak ada bayangan sama sekali.

Pada dasarnya, ada dua warna payung dapat Sobat gunakan pada saat pemotretan. Yaitu hitam/perak dan putih, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

payung putih biasanya digunakan untuk untuk fotografi indoor. Untuk menggunakannya, Sobat harus menembak cahaya secara langsung melalui payung untuk mendapatkan gambar yang lembut. Ada juga teknik lain yang harus Sobat ingat. Untuk menghilangkan bayangan, misalnya, Sobat harus menempatkan payung dalam posisi yang akan menempatkan bayangan di belakang subjek Anda. Taktik ini biasanya digunakan untuk memfoto potret.

Payung hitam / perak,  berfungsi untuk mencerahkan subjek Sobat. Payung Ini adalah kombinasi antara hitam pada bagian luar dan perak pada bagian dalam. dengan jenis payung ini, cahaya langsung mengarah pada bagian perak sehingga mencerahkan subjek. Meskipun cahaya diarahkan pada subjek, payung membantu mendapatkan gambar yang bersih.

Untuk gambar lebih cerah, teknik terbaik adalah dengan menggunakan kombinasi antara payung putih dan hitam silver. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan bayangan dan membuat subjek Anda terlihat bercahaya. Tips yang baik adalah dengan menggunakan payung hitam/perak sebagai sumber utama cahaya dan kemudian menggunakan payung putih untuk menyebarkan cahaya untuk mendapatkan gambar yang lebih lembut.

Sangat penting untuk dicatat bahwa bagi Sobat-sobat yang ingin gambar-gambar hasil jepretnya terlihat lebih kreatif, hanya menggunakan flash built-in bukanlah ide yang baik. Alasannya adalah bahwa hal itu dapat menciptakan bayangan dan dapat membuat subjek akan terlihat satu-dimensi. Tetapi jika Sobat mencoba untuk memindahkan sumber cahaya dari subjek Sobat dan gunakan payung atau jenis lain dari diffuser, Sobat dapat menciptakan cahaya lembut dan mencapai foto yang lebih jelas.

Perlu diingat bahwa ukuran subjek dan sumber cahaya mempengaruhi kerasnya bayangan. Dengan kata lain, cahaya keras adalah hasil dari subjek kecil dan sumber cahaya kecil sementara lightsource besar akan memberikan cahaya lembut untuk subjek Sobat.

Jika Sobat senang menghemat energi, Sobat dapat menggunakan LED dan neon. Alat ini adalah alternatif yang bagus untuk hot light dan sangat ideal untuk video HD dan digital stills. (/ch)

 Liat ulasan Joan Francois O’kane dalam video berikut ini:

Video :

harga flash payung di Amazon sekitar $70, cek disini

About these ads

About So Chen

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Posted on 1 Januari 2012, in Aksesories and tagged , , , . Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. Gan saya pemula.kalo mau bli lampu plus payungya kira kira yg merk apa ato yg seperti apa.mhon infonya

  2. infonyaa sangat berguna sekali gannn,,,semoghhaa dapatttt share ilmu yg lain lagyy

  3. kalau hanya punya satu payung sebaiknya diletakkan pada posisi mana biar gambar nya mak nyessssss

  4. gan ane pemula ni perlampuan…klo mau bagus memakai umrella itu apa harus memakai payung putih dan payung hitam…?

  5. sekarang baru tahu kegunaan payung silver/hitam dengan yang putih. Tapi untuk membuat potrait atau foto perkawinan indoor, baiknya dipakai jenis payung yang mana?

  6. thanks gan.. nice info

  7. poto yang saya lakukan indoor, hanya cahaya lampu nion aja dan satu sumber cahaya, dan hasil tidak memuaskan yaitu ada banyangan dibagian leher, tolong dong sulusinya, trims

    • kalau satu sumber cahaya pasti ada bayangannya Sob, kecuali lampu neon tersebut coba Sobat tutup dengan tirai putih tipis agar cahayanya dapat menyebar, dan posisikan didepan subjek.. tapi lebih baik lagi sih dua lampu neon di simpan pada posisi kanan dan kiri subjek… selamat bereksperimen :)

  8. jadi untuk sementara saya ngak punya payung potografer, solusi untuk menghasilakn pas poto ngak ada bayangan pada lehernya gimana caranya

  9. Kok hasil jepret d studio foto ada bayangan di belakang nya kira2 apa penyebabnya gan?

    • bayangan di belakang dapat terjadi biasanya jika fotografer hanya menggunakan satu sumber cahaya tanpa menggunakan softbox.. atau subyek terlalu dekat dengan background… supaya bayangan dibelakang dapat hilang, usahakan jarak subyek dengan background jangan terlalu dekat, dan gunakan sumber cahaya dari dua arah (kiri -kanan) atau jika sumber cahaya hanya satu (flash saja) lakukan teknik bouncing apabila langit2 berwarna cerah bertujuan untuk meratakan cahaya.
      Semoga membantu..

  10. Yang agak bingung… bedanya payung ini dengan payung yang beredar umum dipasaran? Soalnya payung umum harganya cma 25rb dengan warna silver dan (warna gelap)….

  11. dari dulu aku ingin tahu …buat apa sih payung itu digunakan fotografer… jadi begini toh ceritanya :mrgreen:

  12. emang bener gan, kalo payung ini mempengaruhi hasil jepretan.
    terus kalo outdoor gmn gan?
    ditunggu kunjungan baliknya ya gan
    salam persahabatan
    happy blogging :)

    • betul Gan…payung berfungsi untuk meratakan cahaya….
      kalau untuk outdoor tergantung situasi, jika cerah nggak perlu pakai lampu…namun jika gelap (mendung) bisa pakai lampu holowgen Gan..

      tanks atas kunjungannya…Salam blogging! :)

  13. He.he . . . Ternyata payung juga sangat berpengaruh didalam pencahayaanya? baru tahu. Terimakasih Telah Berbagi.
    O Iya, Met Tahun Baru 2012… Semoga makin sukses.

  1. Ping-balik: KOPDAR KP-BS IV – Belajar Lighting « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s