Flash Nissin Di866 – Lampu Kilat Profesional

Flash Nissin Di866 adalah Lampu kilat (flash) ekonomi yang layak dipertimbangkan secara serius oleh para photographer profesional. Menurut Don Chick (Master Photographer, Cr., CPP) “saya senang dengan hasilnya, saya juga menemukan backlit yang mudah dibaca dalam kondisi cahaya rendah secara keseluruhan, menu lampu kilat juga sangat mudah dinavigasi sementara dapat membuat perubahan yang diperlukan dengan begitu cepat.”

Flash Nissin Di866

Flash Nissin Di866

Lampu kilat ini menggunakan lensa cepat dan pengaturan ISO yang dapat disesuaikan, juga diperlengkap dengan fitur nirkabel ETTL yang bekerja dengan lancar. Hanya saja ada sedikit masalah mengenai tingkat kebisingan flash ketikan Anda menyesuaikan pengaturan zoom.

Harganya dibandrol $ 299 membuat Di866 memiliki pembeli yang banyak karena 40% lebih murah daripada harga Canon Speedlite 580EX II yaitu $ 475.

Penggunaan menu sangat praktis, baik dan mudah dinavigasi. Flash ini juga memiliki tampilan menu yang dapat berputar tergantung pada orientasi kamera, yang merupakan salah satu nilai tambah untuk alat yang satu ini.

Flash Nissin Di866

tampilan menu yang dapat berputar

Layar backlitpun memiliki warna-multi dengan huruf besar yang membuatnya mudah dibaca dalam kondisi kurang cahaya. Jika biasanya Anda memerlukan kacamata untuk menavigasi flash Canon, dengan menu dari Nissin Anda tidak memerlukan kacamata lagi.

Lampu kilat Nissin tidak memiliki kunci seperti yang dipunyai Canon, dengan fitur lock-free membuat Anda dapat cepat menyesuaikan kedua sudut rotasi vertikal dan horizontal. Dengan flash manual mendapati GN (Guide Number) 198 (pengaturan ISO 100 @ 105mm), sementara Canon seri 580EX mendapati GN 190 dengan pengaturan yang sama.

Percobaan daya output menggunakan flash meter, Nissin mampu membaca sedikit lebih tinggi pada settingan 28mm, tetapi pada pengaturan 105mm antara Nissin Di866 dengan Canon 580EX keduanya mengeluarkan jumlah cahaya yang hampir sama.

Ketika Anda mengatur Flash Nissin ke TTL, panah di bagian belakang unit dapat digunakan untuk menyesuaikan kompensasi daya dan penyesuaian yang tercermin dalam kamera.

Kelebihan lain dari Flash Nissin Di866 adalah dengan adanya fitur quick-load magazine yaitu tempat memasukan dan mengeluarkan 4 baterai AA ke unit flash dengan lebih cepat, ini akan membantu Anda ketika Anda harus mengganrti baterai di ruangan resepsi yang gelap.

Lampu kilat Nissin kompatibel dengan baterai eksternal  Canon, namun Nissinpun tentunya diperlengkap dengan baterai eksternalnya sendiri. Produsen Nissin mengklaim bahwa Di866 dengan baterai terisi penuh sangat baik untuk 150 kedipan full-power dengan waktu ulang 3,5 detik. Namun dengan Nissin Power Pack Pro 300 (kisaran harga $ 499) yang terpasang, maka waktu ulangnya adalah 0,5 detik dengan 300 kedipan full-power .

Mungkin salah satu kekurangan dari Nissin adalah paket daya eksternal harus menggunakan baterai khusus. Untuk menutupi kekurangan itu Anda harus membeli beberapa baterai khusus dan menjaganya agar tetap terisi penuh. Sedangkan bateri Canon compact menggunakan baerai AA standar.

Tapi apabila Anda sudah mempunyai kamera Canon, saya sarankan tidak perlu  menggunakan aksesoris Flash Nissin karena kepala dari lampu kilat ini tidak sama dengan Canon dan ini mungkin sedikit mengganggu kenyamanan Anda ketika memotret.

Namun, mengingat harganya yang cukup muran serta penggunaannya yang mudah, Di866 wajib Anda koleksi.

Sumber : http://www.ppmag.com

NB : Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

About these ads

About So Chen

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Posted on 12 Juni 2010, in Aksesories and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. om mau tanya..untuk power packnya apakah cocok dgn power pack pixel Pixel Power Pack TD-381
    aksesoris flash nissin yg dimaksud apa yah om ?
    kalo berkenan jawabanx di email aja om

    tks b4

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s