Tips Menjadi Photographer Profesional

Sumber Gambar : thorneloe.laurentian.ca

Sobat , tertarikah Sobat dengan photogrphy sehingga Sobat menjadi seorang Photographer yang profesional?, sebetulnya menjadi seorang photographer tidaklah harus mempunyai skill yang khusus namun Sobat harus mempunyai dasar yang kuat, dasarnya adalah kemauan.

Dunia photography berkembang pesat dengan cepat, apalagi di era digital seperti sekarang ini dan tentunya kesempatan Sobat untuk menjadi seorang photogrpher yang handal belumlah terlambat.

Dibawah ini WM akan memberikan sedikit tips untuk Sobat-sobat yang mau bergabung di dunia photography, dan tentunya setiap orang mempunyai kiat tersendiri agar menjadi photographer yang handal:

  1. Banyak membaca buku mengenai photographer atau apabila Sobat seorang yang senang berselancar di dunia maya (surfing), banyak sekali artikel-artikel mengenai sejarah hingga teknik photographer Sobatpun dapat melihat contoh-contoh para photographer profesional, sehingga kemauan Sobat  akan semakin terpacu.
  2. Pantang menyerah, sebetulnya dalam hal ini bukan hanya untuk menjadi seorang photographer saja, untuk menjadi apapun Sobat tidak boleh menyerah dan yang pasti akan banyak sekali tantangan yang akan Sobat dapatkan ketika Sobat ingin menggapai cita-cita, contohnya adalah ketika Sobat belum terlalu mahir dalam memotret mungkin akan banyak yang mencaci dan menghina hasil jepretan Sobat. Untuk itulah mental Sobat harus kuat. :D
  3. Jangan pernah bosan, terkadang kita selalu jenuh karena sering melakukan sesuatu yang terus berulang, namun jangan khawatir apabila Sobat mempunya keinginan yang kuat WM yakin Sobat tidak akan cepat bosan apalagi jenuh, saran dari WM; jangan pernah menganggap pekerjaan Sobat sebagai beban tapi anggaplah sebagai hoby yang menyenangkan. Betul tidak?
  4. Action, Setelah Sobat membaca dan memperhatikan beberapa buah contoh foto hasil karya para photographer profesional, kini saatnya Sobat Action jangan hanya membaca dan melihat karena tanpa action apa yang Sobat lakukan tidak berarti apa-apa.
  5. Tentukan Arah Sobat, Karena style Photogrphy itu sangat banyak (foto model, foto iklan, foto perkawinan dan lainnya) maka tentukan arah Sobat sekarang, jenis mana yang akan Sobat pilih. Walaupun tekniknya sama namun tentu saja setiap style mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
  6. Beli perlengkapan, Menjadi seorang photographer tentu saja butuh Kamera beserta assesorisnya untuk itu siapkan modal untuk membeli itu semua agar belajar Sobat  lebih semangat lagi. Kalau budgetnya belum mencukupi, Sobat boleh membeli kamera poket untuk sekedar belajar mencari sudut pandang yang pas. Kalau Sobat sudah mengerti baru Sobat beli kamera DSLR yang harganya lumayan mahal :D.
  7. Komersilkan, setelah Sobat sudah merasa ahli, kini saatnya Sobat mengomersilkan hasil karyanya melalui website/blog ataupun koran/majalah-majalah. Kalau hasil karya Sobat  memuaskan dijamin akan banyak orang yang berdatangan ke tempat Sobat untuk minta di potret dan uangpun memenuhi dompet Sobat.

Tips diatas harus Sobat jalankan benar-benar agar Sobat menjadi seorang photographer yang profesional. Semoga bermanfaat!.

(Original by WM)

About these ads

About Sovian Choeruman

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Posted on 26 Mei 2010, in Tips Photographer and tagged . Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. Greetings, I do think your web site might be having internet browser compatibility issues.
    When I take a look at your website in Safari, it looks fine however, if opening
    in I.E., it has some overlapping issues. I simply wanted
    to provide you with a quick heads up! Apart from that, great site!

  2. adila sarasadela

    saya sangat bertekat ingin menjadi photographer,entah knp saya bsa mempunyai tekat itu,saya ingin mengikuti jejak adik papa saya yang bernama erison,dulunya oom saya itu suka ngelukis,habis itu foto2 pemandangan alam. Sampek2 dipanggil sama para mentri malaisya dan beberapa universitas kampus.sepulang dari malaisya dikasih kamera yg mahal banget harganya. Saya ingin jd photographer secepatnya,klau perlu lulus dari SMA saya pengen jadi photographer aja,ngak mau kuliah,karna saya ingin melihat keindahan alam dengan hasil karya saya sendiri.saya akan rajin menabung untuk ngumpulin uang beli kamera,dan saya akan membeli buku tentang menjadi seorang photographer profesional. :)

  3. ia,,,,..cita” saya memang ingin jadi photographer,,,,,,,,,,,,hal itu yang membuat semangat saya……..semoga allah mengabulkan cita cita saya ini,,,…

  4. w jg pngen bgt kya mreka” yg bsa jdi poto graper yg hbat..
    w kn trus nyalurin hobi” nh.. eah lw pun hasil’e gx kya mereka..

    salam dari kami mas bro

  5. Orang bilang fotografi adalah hobi yang mahal, mnurut saya sering memotret walau dengan kamera yang murah sekalipun asalkan tahu dasar-dasar fotografi, pasti tercapai hasil yang memuaskan! berani mencoba adalah kuncinya..salam jepret!

  6. gua ingin menjadi photografher, karena itu cita” gua… tpi kpan gua bsa ngwujudin impian gua itu…?????

  7. gue bercita-cita ingin menjadi photografer yang prefesional.,
    tpi q ngx pnya uang untk beli cameranya.,
    mnjadi photografer itu sgat mahal.,

  8. thx ya,, ini sangat membantu
    saya sangat mencintai dunia photografi walau masih pemula

  9. YUQHi SaTria IsLanda

    Thanx y bwaT tips ny, tips ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya baru pemula di bidang photografi.
    I LOVE FHOTOGRAFI

  10. terimakasih tipsnya sangat membantu, saya udah mengalami poin yang ke 2. hasil foto masih kurang srek cuman aku menampilkan gear yg aku pakai di keterangan ternyata malah dimaki. Harus kuat.

  11. saya juga tertarik dibidang photographer, tapi alatnya saja sudah mahal, apa lagi cara mengambil actionnya..

  12. hehee.. ternyata hoby dibidang photografi itu mahaL :)

  13. saya suka fotografi tapi harga lensanya itu lho yang bikin maless

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s